METODA UJI MODEL SEKSIONAL DEK SEBAGAI DASAR ANALISIS AEROELASTIK JEMBATAN BENTANG PANJANG
DOI:
https://doi.org/10.29122/mipi.v10i2.1830Abstract
Analisis eksperimental (uji terowongan angin) untuk rancangan jembatan bentang panjang, kebanyakan dilakukan dengan uji model seksional dan model penuh. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahannya. Namun uji model seksional lebih populer untuk digunakan pada analisis aerodinamika jembatan bentang panjang, sekalipun kemudian dilakukan juga uji model penuh. Karena itu uji model seksional dapat dianggap sebagai dasar atau langkah pertama untuk analisis aeroelastik jembatan bentang panjang. Makalah ini akan menguraikan beberapa aspek penting dari uji model seksional termasuk kelebihannya. Suatu studi kasus juga akan diberikan, untuk memberikan gambaran yang komprehensif dari proses uji model seksional. Sebagai kesimpulan dapat disampaikan bahwa, uji model seksional sebenarnya dapat memberikan seluruh parameter dasar aeroelastik yang diperlukan oleh perancang jembatan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Majalah Ilmiah Pengkajian Industri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access Policy
MIPI provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
MIPI by BRIN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at http://ejurnal.bppt.go.id/index.php/MIPI