Desain Karakteristik Kapal Markas Untuk Operasi Pengamanan Perairan Perbatasan dan Dukungan Penanganan Pasca Bencana Alam Pada Masyarakat Pulau Terluar

Authors

  • Samudro Samudro
  • Abdul Kadir

DOI:

https://doi.org/10.29122/mipi.v10i3.1630

Abstract

Ditinjau dari segi kedaulatan dan pertahanan-keamanan nasional, keberadaan pulau-pulau terluar di perairan perbatasan di bagian utara Sulawesi Utara mempunyai arti strategis bagi Indonesia dan layak untuk diamankan. Di sisi lain. wilayah geografis Sulawesi Utara dengan beberapa gunung berapi dan perairan terbuka  menghadap ke samudra Pasifik, rawan terjadi bencana alam gempa dan Tsunami.  Secara konseptual strategis perlu dikaji kebutuhan sarana dukung transportasi - kapal untuk pengamanan pulau-pulau terluar serta untuk kesiagaan penanganan bencana alam bagi masyarakat wilayah perairan perbatasan. Karenanya pada kajian ini dilakukan studi disain prototip kapal markas yang dilengkapi bulbous-bow untuk mampu beroperasi sesuai karakteristik pada perairan perbatasan bergelombang tinggi, serta berfungsi sebagai sarana dukung operasional patroli pengamanan perairan perbatasan dan penanganan pasca bencana alam. Desain kapal markas panjang 66 m dengan daya 2x155 HP, kecepatan dinas 12,5 Knot telah diuji model di laboratorium hidrodinamika untuk kemampuan ship powering, maneuvring dan sea-keeping dengan hasil memenuhi ketentuan persyaratan  IMO

References

Nazarudin, Mayor Laut (KH), S.Si, M.Si, “Model penanganan pulau terluar berdasarkan konsep Prosperity dan Security Approach oleh TNIâ€, Jurnal Litbang Pertahanan Indonesia – Balitbang Kemhan, Vol. 15, No. 2, 2012.

Peta data arah dan ketinggian Gelombang Perairan Indonesia, BMKG, 2009

F. Lovholt, D. Khun, H. Bungum, C.B. Harbitz and S. Glimsdal, “Historical Tsunamis and Present Tsunami Hazard in Eastern Indonsia and the South Philippinesâ€, Journal of Geophysical research, Vol. 117, B09310, doi:10.1029/2012JB009425, 2012.

Samudro, Abdul Kadir, Rancangan Konseptual Ganda Kapal Markas Untuk Pengamanan Pulau Pulau Terluar – Perairan Perbatasan NKRI (Tinjauan untuk wilayah perairan pulau Marore dan Miangas), Jurnal Warta Penelitian Perhubungan, Balitbang Kementerian Perhubungan, Vol. 26, No. 1. 2014.

A. Kadir, Samudro, Waluyo, D.H. Priatno, M. Akhirudin, Laporan Riset Rancang Bangun Kapal Markas, Pusat Teknologi Industri dan Sistem Transportasi, BPPT, 2011.

Harvald, Sv.Aa, Tahanan dan Propulsi Kapal, Airlangga University Press, Surabaya, 1992.

A. Jamaluddin dan Samudro, Analisa dan Evakuasi Faktor Faktor yang Mempengaruhi Karakteristik Olah Gerak (Maneuver) Kapal, Jurnal Perhubungan Vol. No. , 2010.

Laboratorium Hidrodinamika Indonesia, Laporan Hasil Pengujian Turning Cicle dan Sea-keeping Model Kapal Markas, UPT BPPH – BPPT, 2011.

International Maritime Organization (IMO), "Manoeuvrability of Ships and Manouevring Standards", Sub -Committee on Ship Design and Equipment 36th session, Agenda item 4. 24 February 1993.

Pierson, W.J. and Moskowitz, L. , “A proposed spectral form for fully developed wind seas based on similarity theory of S.A. Kitaigorodskiiâ€,

Downloads

Published

18-12-2016

How to Cite

Samudro , S., & Kadir, A. (2016). Desain Karakteristik Kapal Markas Untuk Operasi Pengamanan Perairan Perbatasan dan Dukungan Penanganan Pasca Bencana Alam Pada Masyarakat Pulau Terluar. Majalah Ilmiah Pengkajian Industri; Journal of Industrial Research and Innovation, 10(3), 201–210. https://doi.org/10.29122/mipi.v10i3.1630