SIMULASI BEBAN JALAN DAN TRAKSI RODA PADA PEMILIHAN ROLLING CHASSIS 4WD UNTUK KENDARAAN WATER CANNON
DOI:
https://doi.org/10.29122/mipi.v13i1.3299Abstract
Tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) pada kendaraan taktis Water Cannon (WCV) milik Polri yang rendah mendorong adanya kajian yang mengarah pada peningkatan nilai TKDN. Salah satu penguasaan teknologi dalam pengembangan kendaraan taktis yaitu dengan memilih beberapa komponen tertentu dari kendaraan yang mempunyai daya ungkit tinggi dalam meningkatkan TKDN hingga mencapai 25% atau lebih. Dalam kajian ini komponen yang dipilih yaitu berupa rolling chassis kendaraan. Sesuai dengan spesifikasi kendaraan WCV Tactica milik Polri maka pada kajian ini dipilih WCV 4WD dengan tujuan kendaraan dapat digunakan di medan jalan tanah dan lincah dalam bermanuver. Rolling chassis akan dipilih berdasarkan hasil simulasi performanya berdasarkan beban jalan kendaraan dan traksi roda yang dihasilkan. Simulasi perhitungan dilakukan dengan menggunakan 3 macam merek rolling chassis 4WD yaitu A, B dan C yang tersedia di pasaran lokal Indonesia. Tinjauan utama dalam membandingkan 3 merek rolling chassis ini adalah kemampuan tanjaknya serta kecepatan yang dapat dicapai pada kemampuan tanjak tersebut. Dari hasil kajian disimpulkan bahwa secara keseluruhan desain kendaraan WCV dengan menggunakan rolling chassis merek B lebih layak digunakan. Dengan rolling chassis merek B, kendaraan WCV dapat melalui tanjakan hingga 30Ëš dengan kecepatan maksimal 9 km/jam. Simulasi beban jalan kendaraan dan traksi roda ini dapat digunakan sebagai salah satu metode acuan pemilihan rolling chassis untuk kendaraan WCV.
References
PTIPK-BPPT, Laporan Akhir Kegiatan Inovasi dan Layanan Teknologi Kendaraan Tempur, Kendaraan Taktis dan Munisi Kaliber Besar, BPP Teknologi, Indonesia, Desember 2015.
Sartomo, A., dan Lestari, P.D.R., Kajian Pemilihan Rolling Chasis Untuk Kendaraan Taktis Water Cannon Berdasarkan Analisa Distribusi Beban Kendaraan, Jurnal Teknik Mesin Untirta, Vol. III No. 2, Flywheel, Indonesia, 2017.
Cesar, W., dan Hasrito, E.S., Perancangan Model Sistem Kendali Kendaraan Water Cannon Berbasis Microcontroller Raspberry PI, Jurnal Teknik Elektro Untar, Vol. 18 No. 1, TESLA, Indonesia, 2016.
Mashadi, B., and Crolla, D., Vehicle Powertrain Systems, John Wiley & Sons, Ltd., UK, 2012.
Ehsani, M., Modern Electric, Hybrid Electric and Fuel Cell Vehicles: Fundamentals, Theory and Design, CRC Press, 2005.
Gillespie, T.D., Fundamentals of Vehicle Dinamics, Society of Automotive Engineers, Inc., USA, 1992.
RepÄić, N., Å arić, I., and Avdić, V., Tractive Effort Curves in Gearbox Analyse, 15th International Research/Expert Conference â€Trends in the Development of Machinery and Associated Technologyâ€, 2011.
Sahraeian, A., Shahbakhti, M., Aslani, A. R., Jazayeri, S.A., Azadi, S., and Shamekhi, A. H., Longitudinal Vehicle Dynamics Modeling on the Basis of Engine Modeling, DOI: 10.4271/2004-01-1620, 2004.
Hirz, M, Basics of longitudinal vehicle dynamics, Graz University of Technology, 2015.
Rill, G., Vehicle Dynamics, Ostbayerische Technische Hochschule (OTH) Regensburg, 2007.
Wallentowitz, H., Longitudinal Dynamics of Vehicles, Vervielfältigungsstelle der Hochschule, 2004.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Majalah Ilmiah Pengkajian Industri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access Policy
MIPI provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
MIPI by BRIN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at http://ejurnal.bppt.go.id/index.php/MIPI