Kajian Penerapan Aturan Klasifikasi Pada Laminasi Struktur Konstruksi Lambung Kapal Ikan Fiberglass 3 GT

Main Article Content

Ismail Marzuki
Achmad Zubaydi
Buana Ma’ruf

Abstract

Material fiberglass masih menjadi alternatif dalam pembuatan kapal di Indonesia, hal ini terlihat dari banyaknya kapal ikan berbahan fiberglass pesanan KKP pada tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan sejauh mana penerapan aturan klasifikasi pada proses produksi pembangunan kapal ikan 3 GT dengan melakukan pengujian kuat tarik dan kuat tekuk terhadap spesimen laminasi kapal ikan FRP 3 GT yang diambil dari dua galangan yang sedang membangun kapal ikan pesanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun 2016, dimana proses pembangunannya mengacu pada persyaratan pengujian dalam Biro Klasikasi Indonesia (BKI) tahun 2015, yang memakai International Standard (ISO) 527-4 (1997) untuk uji tarik, dan ISO 14125 (1998) untuk uji bending. Spesimen yang akan diuji masing-masing diambil dari bagian lunas (keel), alas (bottom) dan sisi (side). Secara keseluruhan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah mengevaluasi dari laminasi struktur konstruksi yang pada penerapannya tidak memenuhi dari aturan klasifikasi dan juga memberikan alternatif susunan laminasi optimal untuk diterapkan dalam pembangunan kapal ikan 3 GT berbahan fiberglass. Penelitian ini juga nantinya dapat berkontribusi dalam penyusunan standarisasi untuk kapal-kapal fiber berukuran kecil.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

BKI. (2015). Volume A Guidance For Frp And Wooden Fishing Vessel Up To 24 M 2015 Edition. Biro Klasifikasi Indonesia, Jakarta.

Chen, Wensu et. Al. (2017). Quasi-static and dynamic tensile properties of fiberglass/epoxy laminate Sheet, Journal of Construction and Building Materials, Science Direct 143 (2017) 247–258.

Ichsan, R Nur & Irfa’I M. Arif. (2015). Pengaruh Susunan Lamina Komposit Berpenguat Serat E-Glass dan Serat Carbon Terhadap Kekuatan Tarik dengan Matrik Polyester, JTM. Volume 03 Nomor 03 Tahun 2015, 32-39.

Kumar, K. Vasantha. Dkk. (2013). Effect of Angle Ply Orientation on Tensile Properties Of Bi Directional Woven Fabric Glass Epoxy Composite Laminate, International Jurnal of Computional Engineering Research, Vol 03, Issue, 10.

LR. (1978). Glass Reinforced Plastic, Lloyd’s Register of Shiping, United Kingdom.

Ma’ruf, B dan Farief. (2016) Teknologi Pembuatan Kapal Berbahan Fiberglass, SBU Marine, PT. Biro Klasifikasi Indonesia, Jakarta.

Ma’ruf, B. (2013). Analisis Kekuatan Laminasi Lambung Kapal Fiberglass yang menggunakan Material Multiaxial, Jurnal Standardisasi, BSN, volume 16 nomor 1, Maret 2014: hal 77 – 84.

Ma’ruf, B. (2011). Studi Standardisasi Konstruksi Laminasi Lambung Kapal Fiberglass. Jurnal Standarisasi, BSN, Vol. 13, No. 1 Tahun 2011:16-25.