Analysis Of Non Value Added Activity On Ship Production Process Approach Concept Of Value Stream Mapping Case Study At PT. Dumas Tanjung Perak Shipyard Surabaya

Main Article Content

An Apriyani Tebiary
I Ketut Suastika
Buana Ma’ruf

Abstract

Persaingan pasar industri galangan kapal dalam era globalisasi ini mendorong perusahaan untuk menyadari pentingnya meningkatkan efektivitas dan efisiensi sehingga, mampu bersaing dari segi quality, cost and on time delivery. Efektivitas produksi merupakan salah satu upaya yang harus dicapai oleh suatu industri galangan kapal untuk dapat bertahan ditengah persaingan dalam merebut pangsa pasar. Efektivitas produksi dilakukan dengan tujuan memproduksi secara ekonomis, kontinyu dan tepat waktu sampai pada customer sehingga kelangsungan hidup perusahaan dapat terjamin. Penelitian ini betujuan mengidentifikasi aktivitas yang tergolong waste dalam proses pembangunan kapal pada PT. Dumas Tanjung Perak Shipyard Surabaya sehingga dapat meminimumkan waktu produksi di industri galangan kapal. Hasil penelitian menunjukan nilai efektivitas PT. Dumas Tanjung Perak Shipyard Surabaya saat ini mencapai 85%. Pada proses perbaikan dengan penerapan value stream mapping nilai efektivitas mencapai 91%. Kesimpulan penelitian ini adalah metode value stream mapping dapat diaplikasikan alat ukur dan dapat menggambarkan aliran proses produksi di galangan kapal sehingga dapat menjelaskan secara detail aktivitas yang memberikan nilai tambah (value added) atau aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah (non value activities).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Hansen dan Mowen. (2006). Buku I Management Accounting, Edisi 7, Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi, (2003). Activity Based Cost System, Edisi 6. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Mulyadi, (2001). Akuntansi Manajemen: Konsep, Manfaat dan Rekayasa, Edisi 3, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Pradhitya. (2010). Analisis Efisiensi dan Efektivitas Faktor-Faktor Produksi pada PT. Soelystyowaty Kusuma Textile Sragen, Tugas Akhir Program Studi Diploma III Manajemen Industri Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Rahmawati, Emi. (2008). Upaya Menghilangkan Aktivitas-Aktivitas Tidak Bernilai Tambah dalam Proses Pabrikasi di Divisi Kapal Perang PT. PAL Indonesia Surabaya.

Ramadahan, Syahrul. (2008). Analisis Penerapan Konsep Penyeimbangan Lini (Line Balancing) pada Sistem Produksi Percetakan Harian Tribun Timur di Makassar, Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar.

Suhadri, Bambang. (2008). Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi Industri, Jilid 1, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Nasional

Storch, Richard Lee, et al. (1995). Ship Production, The Society of Naval Architects and Marine Engieeners: New Jersey.

Surakhmad, Winarno. (1994). Pengantar Penelitian, Ilmiah Dasar Metoda Teknik. Bandung: Tarsito.