Implementation Forms Of Integration Strategy For Development Of Shipyard Industry In Surabaya And Surrounding

Main Article Content

Ishak Bawias
Achmad Zubaydi
Buana Ma’ruf

Abstract

Salah satu keberhasilan beberapa negara dalam mengembangkan industri galangan kapalnya adalah dengan menerapkan strategi-strategi integrasi dalam industri galangan kapal dalam sebuah kawasan/klaster, sehingga sinergi antar galangan dan pendukungnya menjadi optimal dan tercipta daya saing secara berkesinambungan. Oleh karena itu, penelitian ini diarahkan pada pengembangan bentuk-bentuk implementasi strategi industri galangan kapal di Surabaya dan sekitarnya, berdasarkan hasil penelitian sebelumnya (Ma’ruf, 2007, dan Hidayat, 2016). Alternatif-alternatif bentuk strategi pada bisnis bangunan kapal baru dikembangkan dari hasil analisis dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Data diperoleh dari kuesioner (berdasarkan Skala Likert ) terhadap 31 responden manajemen puncak sejumlah galangan dan industri pendukung, serta institusi-institusi terkait. Hasilnya diperoleh bahwa, alternatif strategi yang paling potensial dilakukan adalah strategi integrasi/aliansi dengan industri pemasok dan pendukung dalam wilayah klaster industri. Strategi lainnya adalah aliansi dengan perusahaan-perusahaan pelayaran/pengguna jasa dan sesama galangan dalam kawasan industri, selain juga menerapkan strategi-strategi intensif untuk peningkatan penjualan, sesuai kemampuan masing-masing perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

David, F. R. (2015). Strategic Management, Concepts and Cases. 15th Edition. Prentice Hall.

Hidayat, T. (2016). Pengembangan Strategi Daya Saing Industri Galangan Kapal Surabaya dengan Menggunakan Model Formulasi Yardstrat. Tesis. Fakultas Teknologi Kelautan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Likert , R. A. (1932). Technique for the measurement of attitudes. Archives of Psychology, 140: 1-55.

Ma’ruf, B., dkk. (2006). Environmental-Based Strategic Management Model for Indonesia’s Medium-Sized Shipyards. The Journal of Ship Production, Vol. 22, No. 4, November 2006.

Ma'ruf, B. (2007). Pengembangan Model Formulasi Strategi untuk Perusahaan Galangan Kapal. DISERTASI. Surabaya, Indonesia: Program Doktor ITS.

Ma’ruf, B. (2008). Rancangan Perangkat Lunak untuk Aplikasi YARDSTRAT. Jurnal Manajemen Teknologi Volume 7 Number 2.

Ma'ruf, B. (2010). Analisis Daya Saing Industri Galangan Kapal dengan Menggunakan Model.