Model Analisis Kapasitas Pasar Pelayaran Petikemas: Studi Kasus Rute Surabaya - Sampit

Main Article Content

Silvia Dewi Kumalasari
Tri Achmadi

Abstract

Pelayaran petikemas rute Surabaya-Sampit terjadi oversupply sejak tahun 2011 hingga saat ini, yakni selisih antara demand dan jumlah supply yang melayani rute tersebut mencapai hampir dua kali lipat, menyebabkan kapasitas kapal kosong mencapai 44% per tahun. Hal tersebut tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah demand yang drastis, sehingga perusahaan pelayaran yang beroperasi pada rute tersebut dapat mengalami kerugian operasional. Berdasarkan kondisi tersebut, sehingga perlu dilakukan analisis kapasitas pasar pelayaran petikemas, agar tidak terjadinya oversupply pada rute Surabaya-Sampit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode optimasi untuk mendapatkan kapasitas pasar yang sesuai untuk rute Surabaya-Sampit. Hasil yang didapatkan untuk kapasitas pasar yang ideal yakni disesuaikan dengan jumlah demand agar tidak terjadi oversupply, sehingga pada tahun 2017-2021 dibutuhkan 1-2 armada kapal dengan ukuran 300 - 385 Teus, dan required freight rate sebesar Rp 5.103.273 sampai Rp 5.797.403 per Teus, dengan jumlah 1-2 perusahaan pelayaran yang disesuaikan dengan jumlah kapal. Kondisi pasar yang menguntungkan perusahaan pelayaran pada rute Surabaya-Sampit adalah kondisi pasar konsentrasi tinggi dengan indeks konsentrasi pasar 0,50 -1 yang dikuasai oleh 1 atau 2 perusahaan pelayaran. Pada kasus rute Surabaya-Sampit ini dapat dibuktikan bahwa tidak selalu kondisi pasar yang kompetitif adalah kondisi pasar yang ideal yang dapat memberikan perusahaan pelayaran keuntungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Gilarso. (1994). Pengantar Ilmu Ekonomi Bagian Mikro Jilid 2. Yogyakarta: Kanisius.

Guericke, S. (2014). Liner Shipping Network Design: Decision Support and Optimization Methods for Competitive Networks. Paderborn: Paderborn University.

Heart, Sunlight. (2012). Sistem Pasar Bebas oleh Adam Smith dan Kritik-Kritik Untuknya. Diakses pada 4 Juli 2017. https://sunlightheart.wordpress.com/2012/09/20/sistem-pasar-bebas-oleh-adam-smith-dan-kritik-kritik-untuknya.

Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak. (2017). Data Kapal dan Arus Petikemas Surabaya - Sampit. Surabaya: Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak.

Pelabuhan Indonesia III. (2015). Arus Petikemas Pelabuhan Tanjung Perak. Diakses pada 28 November 2017. http://pelindo.com.

Shepherd, William G. (1990). The Economics Of Industrial Organization 3rd Edition. London: Prentice-Hall International.

Wergeland, N. W. (1997). Shipping. Netherlands: Delft University Press.

Yuli. (2016). Fungsi Pasar. Diakses pada 4 Juli 2017. http://www.fungsiklopedia.com/fungsi–pasar.