Kajian Waktu Evakuasi Dengan Metode Simplified Pada Kapal Perintis
Main Article Content
Abstract
Salah satu penyebab besarnya korban jiwa dalam sebuah kecelakaan kapal di jalur pelayaran adalah dikarenakan kurangnya informasi mengenai jalur atau rute evakuasi yang harus dilalui penumpang bila terjadi kecelakaan. Oleh sebab itu kajian mengenai jalur evakuasi utama didalam sebuah kapal saat terjadinya kecelakaan perlu dilakukan dengan cermat, terutama untuk kapal yang mengangkut banyak penumpang seperti kapal perintis. Pada paper ini akan dibahas mengenai kajian waktu evakuasi penumpang di kapal dengan metode simplified, berdasarkan ketetapan dari IMO. Agar dapat mengetahui apakah waktu yang diperlukan penumpang untuk keluar dari kapal sudah memenuhi standart dari IMO. Beberapa parameter dibuat tetap seperti kecepatan orang berjalan yaitu 0.8 m/s. Dari hasil perhitungan yang dilakukan, waktu evakuasi seluruh penumpang pada kapal perintis masih dibawah standar dari IMO yaitu sekitar 56 menit 22 detik. Titik kritis terdapat pada main deck dan titik kepadatan terdapat pada corridor di lantai tiga atau crew deck, dimana terdapat 118 orang yang berkumpul untuk menuju tangga ke lantai empat atau bridge deck.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
IMO. (1999). Interim Guidelines for a Simplified Evacuation Analysis on Ro-Ro Passenger Ships. International Maritme Organization, London.
IMO. (2002). Interim Guidelines for Evacuation Analyses for New and Existing Passenger Ships. International Maritme Organization, London.
KNKT. (2016). Data Investigasi Kecelakaan Pelayaran Tahun 2010-2016. Media Release KNKT.
Lee, D., Park, J. H., dan Kim, H. A. (2004). Study On Experiment Of Human Behavior For Evacuation Simulation. Journal of Ocean Engineering, Vol. 31: 931–941.
Murayama, M., Itagaki, T., dan Yoshida, K. (2000). Study On Evaluation of Escape Route by Evacuation Simulation. Journal of the Society of Naval Architects of Japan, Vol. 188: 441–448.
Smith, R. A. (1995). Density, Velocity and Flow Relationships for Closely Packed Crowds. Safety Science, Vol. 18: 321–327.