Analisa Pengaruh Rasio Ukuran Utama Kapal Terhadap Effisiensi Energi Terbuang Propeller Pada Kapal Single Screw Dengan Menggunakan Metode Analysis Jalur

Main Article Content

Setyo Leksono

Abstract

Paper ini membahahas tentang hubungan antara rasio dimensi kapal (L/B, B/T) terhadap energi yang didapatkan dari pemakaian vane turbin di slipstream propeller. Data yang digunakan berdasar pada hasil statistik (numerik) dan pengujian model kapal. Hubungan antara data dapat dihitung dengan perhitungan kontribusi dari variabel penyebab, variabel pengaruh yang ditargetkan baik secara langsung maupun tidak langsung ke variabel lainnya dan ini akan diuji dengan menggunakan analisis jalur. Dengan menggunakan koefisien jalur, maka dapat dimungkinkan untuk menunjukkan variabel-variabel mana yang menjadi kontribusi utama efisiensi yang didapatkan. Analisis data dari perangkat lunak Microsoft Excel digunakan untuk pendekatan perhitungan. Hasilnya, bahwa L/B dan CT secara tidak langsung mempengaruhi effisiensi yang didapatkan oleh vane turbin untuk memperkecil energi terbuang propeller.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Akintunde, A. N. (2012). Path Analysis Step by Step using Excel. Journal of Technical Science and Technologies,Vol. 1(1): 9-15.

Brown, D., dan Rothery, P. (1993). Models in Biology: Mathematics, Statistics and Computing. UK: John Wiley & Sons Ltd.

Gunst, R. F., dan Mason, R. L. (1980). Regression Analysis and Its Application. New York: Marcel Dekker, Inc.

Leksono, S., Utama, I. K. A. P., Djoni, M. A., dan Aryawan, W. D. (2013). Vane-Turbine as an Energy Conversion in the Propeller Slipstream of Single Screw Ship. Advanced Materials Research Vol. 789: 417-422.

Leksono, S., Utama, I. K. A. P., Djoni, M. A., dan Aryawan, W. D. (2013). A Vane Turbine in the Propeller Slipstream as an Alternative Energy Saving Devices. Proceedings of the 5th International Conference on Tech. and Operational OSV. Singapura, pp. 139-149.

Scheiner, S. M. dan Gurevitch, J. (1993). Design and Analysis of Ecological Experiments. New York: Chapman & Hall.

Sugiyono. (2011). ”Statistics for Research”, Bandung: Alfabeta.

Wright, Sewal. (1934). The Method of Path Coefficients. The Annals of Mathematics Statistics, Vol. 5 (3): 161-215.