HEMAT BAHAN BAKAR DENGAN APLIKASI TEKNOLOGI PELUMASAN UDARA PADA KAPAL SEP-HULL BV 1
Main Article Content
Abstract
Kapal Sep-Hull adalah kapal dengan menggunakan tipe Surface Effect Planning Hull, mempunyai dua bentuk “ V ” hull dan flat hull pada bagian tengahnya. Namun ini adalah bentuk badan kapal yang biasa dan sudah banyak, yang istimewa dari kapal ini adalah teknologi yang digunakan yaitu teknologi air lubrication ( teknologi pelumasan udara ). Melalui uji coba pada prototipe kapal ini dilakukan observasi tentang efektifitas teknologi pelumasan udara terhadap penghematan bahan bakar. Uji coba dilakukan dengan mengasumsikan indikator mesin ( trottle ) pada posisi tetap, pengukuran kecepatan dan konsumsi bahan bakar pada waktu pelayaran bervariasi serta pada dua kondisi yaitu berlayar tanpa teknologi pelumasan udara dan kondisi menggunakan teknologi tersebut. Dari hasil uji coba diperoleh informasi bahwa terdapat peningkatan kecepatan hingga 25 % dan pada saat yang lain diperoleh informasi bahwa terjadi penghematan bahan bakar hingga 13,34 %.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Binder, Raymond C (1973).,Fluid Mechanics, Fifth Edition, Prentice-Hall, Englwood Cliffs, N.J.
White, F M. (1979), "Fluid Mechanics ", Mc. Graw-Hill Kogakusha, LTD.
Kline, Stephen J.( 1986), "Similitude and Approximation Theory", Springer-Verlag, New York.
Chanson H and Murzyn F. (2008), “ Froude Similitude and Scale Effects Affecting Air Entrainments in Hydraulics Jumps “, World Environmental and Water Resource Congress, Ahupua’a.
A Jamaludin dan B Ma’ruf (2009), “ Kajian Eksperimental Disain Kapal Sep-HULL Sebagai Sarana Transportasi Di Perairan Pantai Dan Sungai”, MPI, BPPT.