PREDIKSI GERAK DESAIN AWAL KAPAL FERRY DENGAN METODE TEORI STRIP

Main Article Content

Cahyadi Sugeng Jati Mintarso

Abstract

Kapal ferry merupakan angkutan umum antar pulau di Indonesia yang populer. Sebagai angkutan penumpang maka faktor keselamatan dan kenyamanan merupakan hal yang sangat penting. Prediksi gerakan kapal yang berkaitan dengan stabilitas kapal adalah tahapan penting untuk mengkaji suatu desain ferry yang layak laut. Tiga buah jenis ferry 600, 500 dan 300 GRT telah dilakukan prediksi gerak kapal berupa heave, pich dan roll dengan menggunakan metode teori strip. Hasil prediksi menunjukkan bahwa respon gerak heave yang dihasilkan dibawah nilai batas maksimum Hw/Za kurang dari satu, pitch dibawah 4 derajat, dan roll dibawah 12 derajat. Direkomendasikan pemasangan bilge keel pada lambung kapal untuk meredam gerakan roll.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Baharuddin Ali, Katayama, T., and Ikeda Y., (2004), Roll Damping Characteristics of Fishing Boats With and Without Drift Motion, Journal of the

International Shipbuilding Progress, Vol. 51, 2004 No. 2/3, Delft.

Baharuddin Ali, Suharbiyanto, R.B., Waluyo, dan Samudro (2004), Studi Pemakaian Bilge Keel Sebagai Alat Peredam Gerakan Roll Pada Kapal

Ikan Tradisional Indonesia, Jurnal Penelitian Enjiniring Fak. Teknik Univ. Hasanuddin, Makasar.

Bhattacharyya, R. (1978), Dynamic of Marine Vehicles, Jhon Willey & Sons, New York Journee, J.M.J (2001), Theoritical Manual of SEAWAY, Delft University.

Society of Naval Arch. Japan (2003), Fluid Mechanic for Floating Body, Vol. 1, Seizando, Tokyo.