OPTIMALISASI PENEMPATAN SENSOR UNTUK PENGUKURAN DISTRIBUSI TEKANAN MODEL KAPAL BERSAYAP
Main Article Content
Abstract
Efek fenomena hidrodinamika yang perlu dikaji dalam perancangan operasional proses pendaratan model WISE (Kapal bersayap) di air adalah masalah hydrodynamic impact pada konfigurasi badan (main hull) dan pontoon, untuk itu perlu dilakukan uji model proses landing pada model kapal bersayap tersebut. Untuk mengetahui hydrodynamic impact pada main hull dan pontoon model kapal bersayap di pasang beberapa sensor tekanan. Sebelum dilakukan pemasangan sensor perlu dilakukan Simulasi pemodelan dengan menggunakan program komputer dengan menggunakan metode elemen hingga (FEM). Pada simulasi pemodelan ini main hull dan pontoon model kapal bersayap digambarkan dalam bentuk 3 Dimensi. Dari hasil simulasi dapat diperoleh distribusi tekanan yang
terjadi pada main hull dan pontoon pada saat model dijatuhkan ke air, sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk optimalisasi penempatan sensor tekanan pada model kapal bersayap.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Saeed Moaveni, (2000), “Finite Element Analysis, Theori and Application with ANSYS, Second Edition, Minnesota State University, Mankato.
Chang-Hua Yuan, Yong Lin Ye, “Study on The Space Motion of Wing in Ground Effect Craft”, China Ship Scientific Center-China.
Nasir Mochammad (2011), “Sistem Pengukuran Distribusi Tekanan Menggunakan Sensor PVDF Film pada Pengujian Landing Model WISE
(Wing In Surface Effect) Craft”.