EVALUASI STATISTIK HASIL PENGUJIAN RESISTANCE MODEL KAPAL
Main Article Content
Abstract
Analisa data eksperimen umumnya menggunakan statistik untuk mengukur perbedaan. Misalnya, untuk melihat apakah ada perbedaan sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. Dari analisa ketidakpastian pada empat variable yang merupakan sumber kesalahan percobaan resistance model kapal LCT 1000 DWT dimana nilai ketidakpastian resistance menunjukkan nilai terbesar dibandingkan dengan variabel lain, evaluasi terhadap elemen bias yang mempengaruhi nilai ketidakpastian resistance , yaitu nilai bias yang terbesar adalah bias kalibrasi, Setelah mendapat nilai bias kalibrasi yang baru dilaksanakan yaitu 0,0121 serta perhitungan Mean/ rata-rata dan variansi untuk memastikan adanya perbedaan nilai kalibrasi resistance dynamometer terhadap hasil resistance , dari penurunan nilai bias kalibrasi tersebut mempengaruhi nilai ketidakpastian resistance yang cukup signifikan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Coleman, H.W. and Steele, W.G., 1999, ‘Experimentation and Uncertainty Analysis for Engineers,’ 2nd Edition, John Wiley & Sons, Inc.,
New York, NY.
Greg Hermanski “Uncertainty In Resistance Experiment Conducted in a Towing Tank” Asia Pasific Workshop on Marine Hydrodinamic in Asia Pasific Maritime Congress 90th Annisversary of KSNAJ, Kobe International Conference Center , Japan 21-23 may 2002.
ITTC, 2002b, “Resistance Test”, ITTC Rec-ommended Procedures and Guidelines, Procedure 7.5-02-02-01, Revision 01.
Holtrop,J.,1977, A statistical analysis of performance test result, International Shipbuilding Progress, Vol.24,February,pp.23-28.
Holtrop,J.,1984, A statistical re-analysis of resistance and propulsion data, International Shipbuilding Progress, Vol.31,November,pp.272-276.