KAJIAN PENGARUH GELOMBANG IRREGULER TERHADAP ADDED RESISTANCE PADA KAPAL PATROLI CEPAT 36 M

Main Article Content

Ridwan Utina

Abstract




Salah satu yang menjadi perhatian penting bagi seorang desainer dan operator kapal adalah bagaimana perilaku kapal di laut dalam kaitan dengan kecepatan kapal yang tetap pada kondisi gelombang. Kondisi laut yang bergelombang dapat menyebabkan terjadinya gerakan kapal dan pada gilirannya gerakan kapal akan menimbulkan tahanan tambahan. Jika masih tersedia kelebihan tenaga mesin, kapal dapat berlayar pada kecepatan tetap. Namun, sampai saat ini tahanan tambahan sering digunakan dalam penambahan tenaga mesin antara 15 dan 30 persen dari tahanan pada kondisi air tenang. Evaluasi yang berkaitan dengan tenaga tambahan, yang dapat dipertanggungjawabkan, dapat diperoleh dari uji model atau metode numerik. Tulisan ini mendiskusikan tentang pengaruh gelombang tidak teratur pada tahanan tambahan pada Kapal Patroli Cepat melalui uji model.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Edward V. Lewis, (1989), Principle of Naval Architecture, Vol III, SNAME.

Lloyd,A. R.J.M, (1989), Seakeeping Behaviour in Rough Weather NORDFORSK, The Nordic Cooperative.

Project,(1987), Seakeeping Performance of Ship, Assessment of Ship Performance in Seaway.

Aalbers, A.B.(1990), Seakeeping Model Test on 36 m High Speed Patrol Craft, MARIN, Netherlands.