STUDI KOEFISIEN N PADA PREDIKSI ROLL KAPAL SARAT RENDAH DALAM IMO A.749(18)
Main Article Content
Abstract
Perkembangan penggunaan kapal dengan sarat rendah atau rasio B/T besar (deck cargo) di Indonesia menjadi suatu pilihan dalam rangka efektifitas dan efisiensi dibandingkan membangun kapal tipe hatch cargo. Perairan Indonesia yang sangat bervariasi kedalaman lautnya serta terhubung ke jalur sungai-sungai besar yang masuk hingga pedalaman merupakan suatu pertimbangan pemilihan tipe
kapal sarat rendah. Seiring dengan itu peraturan keselamatan kapal semakin ketat merupakan tantangan dalam perancangan dan sistim operasional kapal. Karakteristik lengan stabilitas pada kapal sarat rendah yang berbeda pada kapal umumnya seperti yang disyaratkan dalam kriteria kestabilan minimum yang dikeluarkan oleh International Maritime Organization (IMO) Resolusi A.749(18) menjadikan kapal sarat rendah perlu kajian tersendiri. Dari hasil kajian dan uji model didapatkan bahwa untuk kapal sarat rendah (B/T > 4) pada prediksi roll dalam weather criterion direkomendasikan untuk adanya koreksi nilai N dari sebelumnya yang dipakai yaitu 0.02 menjadi 0.035, dengan nilai tersebut menunjukkan hasil prediksi maksimum roll yang realistik bagi kapal sarat rendah. Hal ini merupakan masukkan dalam penyusunan aturan keselamatan kapal sarat rendah.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Deakin, B., (….). “Evaluation of the Roll Prediction Method in the Weather Criterion”, Southampton Univ, Southampton, UK.
Fujino, M. et al. (1993), “Examination of Roll damping Coefficients and Effective Wave Slope Coefficient for Small Passenger Crafts”, Proc. US
Coast Guard Vessel Stability Symposium.
Hamamoto, M. et al. (1996), “Model Experiments of Ship Capsize in Astern Seas (second report)”, Journal of the Society of Naval Architects of Japan, Vol.179, pp. 77-87.
Kuroda, T. and Ikeda, Y., (2002). “Extreme Roll Motion in Wide Frequency Range Due Rapid Drift Motion”, Proc. 6th International Stability Workshop, New York-USA.
Levadou, M. et al. (2003), “Assesment of Operational Risks of Parametric Roll”, SNAME Annual Meeting Presentation.
Soegeng H. (2007), “Kajian Korelasi Tingkat Kepadatan Jalur Pelayaran Terhadap Kecelakaan Kapal Barang Untuk Rute Domestik Antar Pulau
di Indonesia”, Warta Perhubungan, Jakarta.
Teguh Sastrodiwongso (2002), “Indonesian Nautical Court / Mahkamah Pelayaran”, Asian Cooperation Program Marine Transportation Engineering-JSPS-DHGE, Hiroshima University, Japan.
Umeda, N. et al. (1995), “Model Experiment of Ship Capsize in Astern Seas”, Journal of the Society of Naval Architects of Japan, Vol.177, pp. 207-217.
….(1995), “ Code on Intact Stability for All Types of Ships Covered by IMO Instruments, Resolution A.749(18)”, International Maritime Organization, London.