KAJIAN NUMERIK BAHAN REDAMAN ALTERNATIF UNTUK MENGURANGI GETARAN PADA DEK KAPAL PENUMPANG

Main Article Content

Nanang Joko Hadi Prasetyo

Abstract

Semakin kompleksnya problem getaran kapal saat ini dan ketatnya persyaratan tingkat getaran yang diijinkan sesuai rules klasifikasi kapal, maka perlu dilakukan metode antisipasinya agar penumpang dan awak kapal semakin nyaman dan aman dalam pelayaran. Salah satu metode untuk mengurangi problem getaran adalah melakukan pengurangan terhadap respon dari getaran struktur dengan menggunakan redaman (damper). Paper ini menjelaskan pengaruh lapisan bahan redaman alternatif pada plat dek kapal terhadap beban eksitasi harmonik, melalui pemodelan numerik dengan metode elemen hingga. Lapisan bahan redaman yang dipakai berupa semen dan karet serta kombinasi keduanya. Pemodelan numerik redaman metode ’tiling’ pada plat dek kapal juga dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk ketebalan lapisan yang sama pada penggunaan lapisan berbahan semen di keseluruhan plat
dek kapal mempunyai nilai respon harmonik yang terkecil terhadap getaran dek.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Adams, V. and Askenazi, A. (1999). Building Better Products with Finite Element Analysis, On Word Press, Santa Fe, N. M .

Biro Klasifikasi Indonesia. (2009). Rules For The Classification And Construction Of Seagoing Steel Ships, Volume I Rules For Hull Edition.

Meriem, J.L. and Kraige, L.G. (1987). Vibration and Time Response, Engineering Mechanics Vol 2, Dynamics, Chap 8.

Nugroho, W. H. dan Pitoyo. (2012). Penentuan Koefisien Redaman Getaran Bahan Pelapis Plat Dek Kapal, Wave, Jurnal Ilmiah Teknologi

Maritim, Volume 6, No 2, Desember 2012.

Nugroho, W. H. and Tjahyanti, P. H. (2009). A detection of the Development of Cracks in a Metallic Structure Using R – Curve Method, ( A

Comparison with the Shifting Frequency Method) Jurnal Teknik Mesin , ITS Vol.8 Nomor – 3.