KAJIAN NUMERIK BAHAN REDAMAN ALTERNATIF UNTUK MENGURANGI GETARAN PADA DEK KAPAL PENUMPANG
Main Article Content
Abstract
Semakin kompleksnya problem getaran kapal saat ini dan ketatnya persyaratan tingkat getaran yang diijinkan sesuai rules klasifikasi kapal, maka perlu dilakukan metode antisipasinya agar penumpang dan awak kapal semakin nyaman dan aman dalam pelayaran. Salah satu metode untuk mengurangi problem getaran adalah melakukan pengurangan terhadap respon dari getaran struktur dengan menggunakan redaman (damper). Paper ini menjelaskan pengaruh lapisan bahan redaman alternatif pada plat dek kapal terhadap beban eksitasi harmonik, melalui pemodelan numerik dengan metode elemen hingga. Lapisan bahan redaman yang dipakai berupa semen dan karet serta kombinasi keduanya. Pemodelan numerik redaman metode ’tiling’ pada plat dek kapal juga dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk ketebalan lapisan yang sama pada penggunaan lapisan berbahan semen di keseluruhan plat
dek kapal mempunyai nilai respon harmonik yang terkecil terhadap getaran dek.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adams, V. and Askenazi, A. (1999). Building Better Products with Finite Element Analysis, On Word Press, Santa Fe, N. M .
Biro Klasifikasi Indonesia. (2009). Rules For The Classification And Construction Of Seagoing Steel Ships, Volume I Rules For Hull Edition.
Meriem, J.L. and Kraige, L.G. (1987). Vibration and Time Response, Engineering Mechanics Vol 2, Dynamics, Chap 8.
Nugroho, W. H. dan Pitoyo. (2012). Penentuan Koefisien Redaman Getaran Bahan Pelapis Plat Dek Kapal, Wave, Jurnal Ilmiah Teknologi
Maritim, Volume 6, No 2, Desember 2012.
Nugroho, W. H. and Tjahyanti, P. H. (2009). A detection of the Development of Cracks in a Metallic Structure Using R – Curve Method, ( A
Comparison with the Shifting Frequency Method) Jurnal Teknik Mesin , ITS Vol.8 Nomor – 3.