WAKTU EVAKUASI MAKSIMUM PENUMPANG PADA KAPAL PENYEBERANGAN ANTAR PULAU

Main Article Content

Daeng Paroka

Abstract

Korban jiwa pada kecelakaan kapal dapat terjadi akibat kesulitan untuk mengevakuasi penumpang akibat kepanikan, kelebihan penumpang serta dimensi serta rute dari jalur evakuasi yang tidak memungkinkan untuk mengevakuasi penumpang dalam waktu yang singkat.Paper ini mengevaluasi waktu evakuasi berdasarkan standar IMO apabila terjadi kebocoran satu atau beberapa kompartemen secara bersamaan. Waktu kebocoran diestimasi dengan memakai prinsip Bernoulli. Jalur evakuasi dianggap layak apabila waktu evakuasi yang dibutuhkan lebih kecil dari waktu kebocoran. Hasil perhitungan dan analisis menunjukkan bahwa kebocoran pada kompartemen tertentu dengan luas penampang bocor yang besar dapat mengakibatkan penumpang tidak dapat dievakuasi sebelum kapal kehilangan stabilitas atau tenggelaman. Oleh karena itu, penentuan jalur evakuasi hendaknya tidak hanya mempertimbangkan kasus kebakaran tetapi juga bentuk kecelakaan lain yang mungkin terjadi di kapal seperti masalah kebocoran

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

IMO (2002a) Safety of Life at Sea (SOLAS), International Maritime Organization (IMO), London.

IMO (2002b) International Loas Line Convention (ILLC), International Maritime Organization (IMO), London.

IMO (2002c) Interim Guidlines For Evacuation Analysis For New and Existing Passenger Ships, MSC/Circ. 1033, International Maritime

Organization (IMO), London.

Lee, D., Kim, H.A., Park J.H dan Park, J.B (2003) The Current Status and Future Issues in Human Evacuation From Ships, J. Safety Science, Vol. 41,

pp. 861 – 876.

Lee, D., Park, J.H dan Kim, H.A (2004) Study on Experimentof Human Behavior For Evacuation Simulation, J. Ocean Engineering, Vol. 31, pp. 931

– 941.

Muhammad, A.H, Paroka, D. dan Bahrun (2013) Analisis Lokasi Kritis Jalur Evakuasi Penumpang Kapal Penyeberangan Antar Pulau, Prosiding

Seminar Nasional Teori dan Aplikasi Teknologi Kelautan (SENTA), Surabaya.

Vassalos, D. (2000) Modelling the Accumulation of Water oh the Vehicle Deck of a Damage Ro-Ro Vessel and Proposal of Survival Criteria, In

Contemporary Ideas on Ship Stability, Elsevier, Oxford, pp. 315 – 337.