PERHITUNGAN FREKUENSI NATURAL KAPAL FRIGATE MENGGUNAKAN METODE KUMAI
Main Article Content
Abstract
Kejadian slamming pada kapal frigate merupakan respon transien yang dihasilkan dari lambung haluan kapal saat mengangguk atau menghempas ke bawah, yang umumnya menginduksi frekuensi rendah terutama pada moda pertama frekuensi alami badan kapal. Paper ini membahas metode pendekatan perhitungan frekuensi natural badan kapal frigate moda pertama dengan metode Kumai yang telah berhasil diaplikasikan juga pada kapal-kapal niaga. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa perhitungan pendekatan frekuensi natural pada kapal dengan metode Kumai dapat pula diaplikasikan pada kapal jenis frigate.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Hermundstad A. (2007). Springing and whipping of ships, Lecture notes in Hydroelasticity, MARINTEK.
Inman J. Daniel. (1994). Engineering Vibration, Prentice – Hall, Inc.
Ivo SENJANOVIĆ, Šime MALENICA, Stipe TOMAŠEVIĆ, Smiljko RUDAN, (2007). ”Methodology of Ship Hydroelasticity Investigation”, BRODOGRADNJA 58, 133-145.
Rawson KJ, Tupper EC. (2001). BASIC SHIP THEORY Vol 1 and 2, Butterworth and Heinemann.
Thomas Eefsen, Frans van Walree, Daniele Peri, Peter van Terwisga, Hans Otto Kristensen, Roberto Dattola, Marcel Visser, (2004). Development of Frigate Designs with good Seakeeping Characteristics. 9th Symposium on Practical Design of Ships and Other Floating Structures, Luebeck - Travemuende, Germany Schiffbautechnische Gesellschaft e.V.
Vorus, S, William. (2010). VIBRATION, The Principle Naval Architecture Series.