ANALISIS PENINGKATAN KANDUNGAN KOMPONEN LOKAL PADA PEMBANGUNAN KAPAL BARU DI DALAM NEGERI
Main Article Content
Abstract
Dalam 20 tahun terakhir industri galangan kapal berkembang sangat lambat. Hal ini dipengaruhi oleh ketersediaan industri komponen lokal. Rendahnya tingkat komponen dalam negeri (TKDN) menyebabkan industri galangan kapal nasional tidak berdaya saing. Daya saing tersebut dipengaruhi oleh daya saing industri dan daya saing nasional, sehingga permasalahan industri galangan kapal harus dipecahkan secara komprehensif, disertai langkah-langkah strategik dan sistematis agar dapat bersaing secara berkesinambungan. Industri galangan kapal terkemuka menjadikan pengembangan industri komponen lokal sebagai pilar bagi perekonomian negaranya. Pengembangan industri komponen lokal yang terintegrasi mempunyai peran yang penting dalam pengembangan industri galangan kapal. Paper ini menganalisis TKDN komponen dan potensi peningkatannya pada pembangunan kapal baru di dalam negeri. Kategori komponen yang digunakan sesuai dengan BKI. Studi kasus dilakukan pada Kapal Tanker 17500 LDWT buatan PT. PAL tahun 2012 dan Kapal Perintis 750 DWT buatan PT. ASSI tahun 2015. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa penerapan stategi product development yang bertujuan untuk market penetration secara backward integration dapat meningkatkan potensi TKDN pada pembangunan kapal baru. Potensi TKDN yang didapat pada kasus Kapal Tanker 17500 LDWT adalah sebesar 21.98 persen, sedangkan pada kasus Kapal Perintis 750 DWT adalah sebesar 8.22 persen.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
ASSI. (2015). Daftar Komponen Kapal Perintis 750 DWT, PT. Adiluhung Saranasegara Indonesia.
David, Fred R. (2013). Strategic Management Concepts and Cases, Prentice Hall.
Dussauge, P., dan Garrette, B. (1999). Cooperative Strategy, England: John Wiley & Sons Ltd.
Hidayat dan Ma’ruf, B. (2015). Study of World-Leading Shipbuilding Industrial Cluster and Their Potential Application in Indonesia, Seminar Teori dan Teknologi Aplikasi Kelautan (SENTA) 2015.
Ma'ruf, B. (2014). Inovasi Teknologi untuk Mendukung Program Tol Laut dan Daya Saing Industri Kapal Nasional, Seminar Nasional Sains
dan Teknologi Terapan II, 1-19.
Porter, M. E. (1998). Clusters and the New Economics of Competition, Harvard Business Review, Vol. 76 Issue 6, p77.
PAL. (2012). Daftar Komponen Kapal 17.500 LTDW Oil Tanker, PT. PAL Indonesia.
PAL. (2015). Daftar Ekspor-Impor Komponen Kapal, PT. PAL Indonesia.
Wee, V. (2013). Indonesian Shipbuilding Industry Unlikely to Meet Targets, Retrieved July 3, 2015 from http://www.seatrade-maritime.com/news/
asia/indonesian-shipbuilding-industry-unlikely-to-meet-targets.html.