ANALISA PEMILIHAN PROPELLER TIPE B-SERIES PADA KAPAL FERI RO-RO 600 GT DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MATCHPRO

Main Article Content

Habibi Habibi
Nurhadi Nurhadi

Abstract

Kondisi perairan Indonesia yang terdiri dari ribuan gugusan pulau memberikan tantangan untuk mendesain alat transportasi yang efisien dari segi pengoperasiannya. Kapal Feri Ro-Ro merupakan salah satu alternatif yang dipakai. Namun dari beberapa kasus didapatkan bahwa kapal tidak memenuhi kecepatan sesuai perencanaan. Salah satu penyebabnya adalah turunnya efisiensi dari propeller. Turunnya efisiensi propeller ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya terjadinya kavitasi pada propeller, ketidak sesuaian mesin dan propeller yang digunakan pada saat operasional, sehingga diperlukan suatu metode engine propeller matching. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tipe propeller B-series yang tepat untuk kapal Feri Ro-Ro 600 GT dengan menggunakan aplikasi Matchpro dengan database propeller dan mesin penggerak yang digunakan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa tipe propeller B-Series yang paling efisien dipasang pada Kapal Feri Ro-Ro 600 GT adalah tipe B335.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Carlton, J. S. (2007). Marine Propellers and Propulsion, United Kingdom, Elsevier, Oxford.

Harvald, Sv. Aa. (1992). Tahanan dan Propulsi Kapal, Surabaya, Airlangga University Press.

Kristensen, Hans Otto. (2013). Prediction of Resistance and Propulsion Power of Ships, University of Southern Denmark, Work package 2 Report no. 04, DTU.

Rosmani, dkk. (2013). Pengaruh bentuk lambung kapal Terhadap tahanan kapal, Proceeding Hasil Penelitian, Fakultas Teknik Universitas

Hassannudin, ISBN: 978-979-127255-0-6.

Surjo W. Adji. (2005). Engine Propeller Matching [Online]Available: its.ac.id/ambilfile.php?idp=87.