PROPULSI KAPAL DALAM TINJAUAN UJI MODEL

Main Article Content

Mochamad Guruh GS

Abstract

Daya tahanan kapal berhubungan dengan daya mesin yang dibutuhkan suatu kapal untuk mencapai kecepatan yang diinginkan. Sehingga prediksi tahanan kapal sangatlah penting untuk dilakukan sebelum kapal tersebut dibangun. Setelah dilakukan prediksi tahanan kapal maka perlu diprediksi kebutuhan daya mesin atau prediksi powering, Di Laboratorium Hidrodinamika hal ini dilakukan dengan pengujian self propulsion test. Pada uji ini akan diketahui interaksi antara bentuk badan kapal dan desain propeller yang terpasang. Dengan memvariasikan variabel pengujian maka akan diketahui tenaga mesin yang optimum dari kecepatan kapal yang direncanakan serta diketahuinya efektifitas desain propeller yang akan terpasang di kapal. Pada tulisan ini disajikan tentang uraian penentuan tenaga mesin pada sebuah kapal melalui uji model.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Harvald, SV.AA. (1984). Resistance and Ship Propulsion. John Wiley and Sons, NY.

Holtrop, J. (1984). The MARIN Analysis Computer Program PULS for Still-water Model Performance Tests. MARIN Report No. 50405-3-VT.

Holtrop, J. 1991). Teaching Notes Training Course SP02S3, MARIN.

Hsiung, CC. (1997). Theory and Methods of Experiments Particularly for Marine Applications, Lecture notes, Halifax, Nova Scotia, Canadam.

Lewis, E.V. (1988). Resistance, Propulsion and Vibration, PNA vol. II, SNAME.

S Leksono. (2000). Sinkronisasi Propeller dengan Mesin Induk Pada Kapal Ikan untuk Meningkatkan Effisiensi dan Kinerja, Jurnal Politeknik Perkapalan, ITS, Surabaya.