Analisis Kekuatan Struktur Kapal Tugboat Akibat Modifikasi Deck House
Main Article Content
Abstract
Modifikasi pada struktur deck house kapal tugboat dilakukan untuk memperbaiki akses tangga menuju ruang galley yang terlalu sempit. Namun, perubahan ini dapat memengaruhi kekuatan struktur kapal tugboat, khususnya pada frame 42 hingga 52. Oleh karena itu, dilakukan analisis kekuatan struktur menggunakan metode elemen hingga (Finite Element Method) berbasis software ANSYS. Pemodelan dilakukan dalam dua kondisi, yaitu sebelum dan sesudah modifikasi, dengan pembebanan utama berupa gaya towing sebesar 86268.28 N. Hasil simulasi menunjukkan bahwa tegangan maksimum meningkat dari 110.96 MPa menjadi 119.94 MPa, dan deformasi maksimum meningkat dari 0.37071 mm menjadi 0.48341 mm. Meskipun demikian, nilai tegangan tersebut masih berada di bawah tegangan ijin material sebesar 211.5 MPa, dan nilai safety factor sebesar 1.8 menunjukkan bahwa struktur tetap aman. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modifikasi deck house tidak menimbulkan risiko kegagalan struktur dan tetap memenuhi standar keselamatan sesuai aturan IRS (Indian Register of Shipping).
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Karbala & Nugraha, A.F., 2025, ‘Analisa Kekuatan Shackle Pada Proses Docking Undocking di Galangan Kapal Menggunakan Metode FEM (Finite Elemen Methode)’, Innovative: Journal of Social Science Research, 5(3), 4163–4176. https://doi.org/10.31004/innovative.v5i3.19341
Anfara, A.A. & Pranatal, E., 2024, ‘Analisis Kekuatan Pondasi Towing winch Kapal OSV S-140 Menggunakan Metode FEM’, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan IV (SENASTITAN IV), Surabaya, 2 Maret 2024. Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama Surabya. ISSN 2775-5630.
Arif, M. N., Bahatmaka, A., Handiko, Y. D., Rinonggo, M. D., & Imran, A. I., 2025, Analisa Kekuatan Rangka Pada Struktur Geladak Kendaraan SHIP-BUS Menggunakan Finite Element Method. ENTHALPY: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Mesin, 10(2), 75–87. https://doi.org/10.55679/enthalpy.v9i4.
Budi, S.S., Sanjaya, F.L., Fatkhurrozak, F., Syarifudin, & Ariyanto, N.A., 2023, ‘Analisis Perpindahan Gaya SideLoad Pegas Suspensi Tipe C Menggunakan Finite Element Method (FEM)’, Infotekmesin, 14(2), pp. 208–213. doi:10.35970/infotekmesin.v14i2.1783.
Budynas, R.G. and Nisbett, J.K. (2015) Shigley’s Mechanical Engineering Design. 10th ed. New York: McGraw-Hill Education. ISBN 978-0-07-339820-4.
Cook, R.D., 1995, Finite Element Modeling for Stress Analysis. New York: John Wiley & Sons.
Fajri, K., Mulyatno, I.P. & Kiryanto, 2023, ‘Analisa Kekuatan Deck pada Kapal Landing Craft Tank (LCT) 1100 DWT akibat Perubahan Muatan Menggunakan Metode Elemen Hingga’, Jurnal Teknik Perkapalan, 11(2), 31–38.
Indian Register of Shipping (IRS), 2020, IRS-G-DES-05 - Guidelines on Structural Assessment of Ships based on Finite Element Method. December. pp. 1–95.
Siagian, J.M.G., Zakki, A.F. and Iqbal, M., 2020, ‘Kajian kekuatan struktur dan buckling pada Livestock Carrier Catamaran 1500 DWT dengan metode elemen hingga’, Jurnal Teknik Perkapalan, 8(3), pp. 360–367.
Purwanto, A., 2023, Optimalisasi dalam rekrutmen kapal jenis Azimuth Stern Drive (ASD) terhadap keselamatan olah gerak kapal (MV. Jawar Karbala). Karya Ilmiah Terapan. Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP), Jakarta.
Marpaung, S., 2025, Simulasi numerik dan analisis kekuatan tarik belah komposit laminat jute/epoksi dengan Ansys Workbench 2022. Skripsi. Fakultas Teknik, Universitas Medan Area, Medan.
Novian, A.B., Zakki, A.F. & Kiryanto, 2021, Analisis kekuatan struktur stern ramp door dengan variasi bentuk clevis pada kapal ferry ro-ro 600 GT. Jurnal Teknik Perkapalan, 9(2), pp.173–182.
Pratama, A. & Agusman, D., 2023, ‘Analysis Kekuatan Kontruksi Rangka Pada Perancangan Design Belt Conveyor Menggunakan Ansys Workbench’, Jurnal Sain dan Teknik, 5(1), 12–22.
Pratama, M.H., Yudo, H. & Mulyanto, I.P., 2020, Analisis kekuatan konstruksi car deck kapal penyeberangan 1000 GT akibat perubahan muatan dengan metode elemen hingga. Jurnal Teknik Perkapalan, 8(3), pp.426–434.
Purba, S.D.A., Mulyatno, I.P. & Firdhaus, A., 2024, Analisis hull strength kapal ikan 5 GT bahan fiberglass menggunakan metode elemen hingga. Jurnal Teknik Perkapalan, 12(2), pp.1–8.
Indian Register of Shipping (IRS) 2024, Rules and Regulations for the Construction and Classification of Steel Ships, July 2024 edition, Indian Register of Shipping, Mumbai.
Firmansyah, M.F. & Pranatal, E., 2025, Analisis kekuatan struktur deck akibat penambahan boat crane pada kapal Fast Utility Vessel 40 m dengan metode FEM analysis. In: Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan V (SENASTITAN V), Surabaya, 15 Maret 2025. Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.
Shidqi, M.I., Rindo, G. & Yudo, H., 2023, Analisa kekuatan konstruksi pada kendaraan amfibi pengangkut artileri (KAPA) menggunakan metode elemen hingga. Jurnal Teknik Perkapalan, 11(2), pp.31–38.
ISO, 2018, ISO 5894:2018 Ships and marine technology — Manholes with bolted covers. Geneva: International Organization for Standardization.
Wahyudi, P.A.D., Mulyatno, I.P. & Samuel, 2025. Kajian kekuatan konstruksi car deck dengan finite element method pada kapal Ro-Ro 2919 GT. Jurnal Teknik Perkapalan, 13(2), pp.1–11.