Prediksi Gerak Terhadap Desain Awal Ferry 600, 500 dan 300 GRT Untuk Pelayaran Antar Pulau
Main Article Content
Abstract
Kapal ferry merupakan angkutan umum antar pulau di Indonesia yang populer. Sebagai angkutan penumpang maka faktor keselamatan dan kenyamanan merupakan hal yang sangat penting. Prediksi olah gerak kapal yang berkaitan dengan stabilitas kapal adalah tahapan penting untuk mengkaji suatu desain ferry yang layak laut. Tiga buah jenis ferry 600, 500 dan 300 GRT telah dilakukan prediksi gerak kapal berupa heave, pich dan roll dengan menggunakan metode strip teori. Hasil prediksi menunjukkan bahwa respon gerak yang dihasilkan heave dibawah nilai batas maksimum Hw/Za kurang dari satu, pitch dibawah 4o, dan roll dibawah 12o dengan merekomendasikan pemasangan bilge keel untuk meredam roll saat resonansi.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Baharuddin Ali, Katayama, T., and Ikeda Y., (2004), Roll Damping Characteristics of Fishing Boats With and Without Drift Motion, Journal of the International Shipbuilding Progress, Vol. 51, 2004 No. 2/3, Delft.
Baharuddin Ali, Suharbiyanto, R.B., Waluyo, dan Samudro (2004), Studi Pemakaian Bilge Keel Sebagai Alat Peredam Gerakan Roll Pada Kapal Ikan Tradisional Indonesia, Jurnal Penelitian Enjiniring Fak. Teknik Univ. Hasanuddin,Makasar.
Bhattacharyya, R. (1978), Dynamic of Marine Vehicles, Jhon Willey & Sons, New York Journee, J.M.J (2001), Theoritical Manual of SEAWAY, Delft University
Society of Naval Arch.
Japan (2003), Fluid Mechanic for Floating Body, Vol. 1, Seizando,
Tokyo