Pengembangan Sistem Kontrol Autopilot Rudder Untuk Pengujian Zig zag Model Kapal
Main Article Content
Abstract
Salah satu jenis pengujian olah gerak kapal yang dapat dilakukan di kolam maneuovering (MOB) UPT BPPH adalah Uji ZigZag model. Pada pengujian zigzag model akan dijalankan pada suatu kecepatan yang telah ditentukan dengan sudut kemudi (rudder) nol derajat pada mode manual (dari remot kontrol)
propeller digerakkan sampai kondisi initial tercapai baru model digerakkan dengan autopilot. Daun kemudi dengan remote control diputar kesalah satu sisi, misal starboard, hingga mencapai sudut kemudi yang telah ditentukan, misal 10°. Model akan berputar dengan segera setelah heading angle yang telah
ditentukan tercapai, misal 10°, secara automatis daun kemudi akan berputar kearah sebaliknya ( portside ) hingga mencapai 10° dan heading model akan berubah kembali ke posisi starbord. Pada saat ini kontrol Autopilot ini tidak bisa berfungsi pada mode otomatis karena sesuatu hal, karena itu diperlukan
pengembangan sistem kontrol autopilot . Pada kontrol yang baru ini menggunakan Mikrokontroller AT-Mega 16 sebagai pusat kontrollernya. Sedangkan sensor pendeteksi gerakan yaw menggunakan sebuah kompas digital. Dengan pengabungan ini maka diharapkan kegiatan pengujian zigzag di kolam
MOB bisa terlaksana dengan baik , khususnya untuk pengujian zigzag model kapal LNG Carrier.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Plant Malcolm & Stuart Jan, Dr, Pengantar Ilmu Teknik Instrumentasi, Gramedia, Jakarta, 1985.
Winoto Ardi, Mikrokontroller AVR ATmega 8 / 32 /16 / 8535 dan Pemrogramannya dengan bahasa C pada WinAVR, Penerbit Informatika Bandung, 2008.
Data sheet, CMPS 03.