Kajian Pemanfaatan Energi Arus Laut Di Indonesia

Main Article Content

Afian Kasharjanto
Daif Rahuna

Abstract

Di Indonesia, masih belum banyak para peneliti yang melaksanakan penelitian tentang energi terbarukan arus laut. Padahal sebagai negara kepulauan yang memiliki potensi energi dari laut sangat melimpah, kegiatan penelitian ini harus segera dilaksanakan lebih serius lagi. Dalam hal tersebut, pemerintah telah mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk mempermudah dan merangsang minat para peneliti agar tertarik melakukan penelitian. Balai Teknologi Hidrodinamika BPPT (BTH-BPPT) telah melaksanakan sejumlah kajian mulai dari pemetaan numerik potensi energi arus laut sampai uji coba turbin di laut sejak tahun 2006. Terakhir tahun 2017, telah dilaksanakan uji kinerja turbin poros ganda di Jembatan Suramadu. Setelah itu penelitian dihentikan karena masalah prioritas dana penelitian untuk kegiatan yang lain. Metode pengujian adalah melalui uji kinerja turbin di laut kemudian dilakukan pengamatan besaran putaran rotor serta daya listrik yang dihasilkan sebagai fungsi dari kecepatan dan arah arus laut. Meskipun secara keseluruhan belum berhasil secara maksimal, tetapi setidaknya hasil penelitian dapat dijadikan sebagai referensi bagi pelaksanaan penelitian di Indonesia. Hasil penelitian ini telah mendapatkan dua buah sertifikat Hak Paten. Tulisan ini hanya sebagai informasi dan referensi tambahan bagi pengembangan penelitian di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

El-Sayed, A. F. A. A., Hirsch, C. dan Derdelinckx, R. (1995). Dynamic of Vertical Axis Wind Turbines (Darrieus Type). International Journal of Rotating Machinery, Vol. 2 (21): 33-41.

Azis, Asruldin. (2010). Studi Pemanfaatan Energi Listrik Tenaga Arus Laut di Selat Alas Kabupaten Lombok, NTT. Diakses pada 2 Agustus 2017. http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate-10413-Paper.pdf.

Dadang. (2011). Manfaat Laut sebagai Sumber Energi Alternatif. Diakses pada 2 Agustus 2017. https://www.its.ac.id/news/2011/12/13/manfaatkan-laut-sebagai-sumber-energi-alternatif.

Erwandi. (2005). Sumber energy energi arus: Alternatif pengganti BBM, ramah lingkungan dan terbarukan. Diakses pada 2 Agustus 2017. http://www.energi.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1125749769.

Erwandi. (2010). Mengubah Arus Laut Menjadi Listrik. Diakses pada 2 Agustus 2017. https://www.bppt.go.id/teknologi-informasi-energi-dan-material/577-mengubah-arus-laut-menjadi-listrik.

Rivantoro, F. dan Arief, Irfan Syarif. (2015). Studi Pemilihan Desain Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut (PLTAL) Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Teknik ITS, Vol. 4 (2): B-114 – B-118.

Kasharjanto, A., Rahuna, D. dan Aditya, R. B. (2017). Uji Kinerja Turbin Pembangkit Listrik Arus Laut Lambung Ganda 10 Kilowatt di Jembatan Suramadu. Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Kelautan, Vol. 14 (3): 79-86.

Surinati, Dewi. (2011). Energi Arus Laut. Oseana, Vol. XXXVI (1): 13-25.