STUDI INTERAKSI KAPAL - PROPELER PADA PLANING HULL AKIBAT PERBEDAAN SUDUT DEADRISE

Main Article Content

Erifive Pranatal
R. Puranggo Ganjar Widityo
Fitria Fresty Lungari

Abstract

Pemilihan sudut deadrise pada planing hull dan pengaruh pada kurva beban propeler dilakukan untuk memberikan gambaran yang jelas terhadap pemilihan mesin utama dan kecepatan kapal. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh sudut deadrise terhadap kurva beban propeler. Sudut deadrise yang dipilih antara lain 7°, 10°, 13°, dan 18°. Metode yang digunakan adalah pendekatan teoretis dengan bantuan data series seperti data Propeller Wagenigen B-Series. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan tahanan karena perbedaan sudut deadrise mempengaruhi kurva beban propeler dengan nilai persentase perbedaan yang hampir sama. Perbedaan persentase nilai tahanan masing-masing sudut deadrise adalah 0,057% (rata-rata selisih tahanan yaitu 33 N) dan perbedaan daya propeler hanya berkisar 0,05%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa perbedaan sudut deadrise pada penelitian ini memberikan pengaruh yang hampir sama dengan perbedaan nilai tahanan kapalnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Baital, M. S., Putranto, A. B., dan Waluyo, B. S.,(2020). Analisa Engine Propeller Matching (EPM) pada Kapal Rescue Boat Karena Perubahan Tahap Powering Process. Gema Teknologi, Vol. 21(1): 49–55.

Bernitsas, M., Ray, D., and Kinley, P. (1981). KT,KQ and Efficiency Curvers for the Wageningen B-Series Propellers. Ann Arbor: Departement of Naval Architecture and Marine Engineering.

Geertsma, R. D., Negenborn, R. R., Visser, K., and Hopman, J. J. (2017). Design and Control of Hybrid Power and Propulsion Systems for Smart Ships: A Review of Developments. Applied Energy, Vol. 194: 30–54.

Harvald, S. A. (1991). Resistance and Propulsion of Ships. New Yok: John Wiley & Sons, Inc.

Molland, A. F., Turnock, S. R., and Hudson, D. A. (2011). Ship Resistance and Propulsion: Practical Estimation of Ship Propulsive Power. Cambridge: Cambridge University Press.

Nurhadi, N., Zen, H., and Sumarsono, S. (2018). Study of Engine Propeller Matching for High-Speed Vessel with Gawn Series Propeller. EPI International Journal of Engineering, Vol. 1(1): 39–42.

Pranatal, E. (2020a). Pengaruh Sudut Deadrise Terhadap Tahanan Planing Hull. Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan (SEMITAN II), Vol. 2(1): 649–655.

Pranatal, E., 2020b. Analisis Pengaruh Sudut Deadrise Planing Craft terhadap Stabilitas dan Seakeeping. Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi

Maritim, Vol. 14(2): 61–72.

Stapersma, D., and Woud, H., 2005. Matching Propulsion Engine with Propulsor. Journal of Marine Engineering & Technology, Vol. 4(2):

–32.

Yasim, A., Wibowo, R. K. K., dan Priohutomo, K. (2021). Kajian Sinkronisasi Mesin Utama dan Propeller pada Kapal Perikanan Pasca Reparasi (Studi Kasus KM. Nelayan 2017-572). Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim, Vol. 15(1): 11–20.