ANALISIS KOMPARASI LAJU KOROSIFITAS PROPELLER PERAHU NELAYAN TRADISIONAL
Main Article Content
Abstract
Propeler merupakan salah satu komponen penting perahu yang berfungsi sebagai penggerak. Sehingga kerusakan propeler menjadi masalah utama para nelayan dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan laju korosifitas, daya mesin dan diameter propeler perahu nelayan tradisional. Metode yang digunakan adalah studi eksperimental dengan melakukan observasi lapangan, pengujian komponen material, serta uji laju korosi dengan metode kehilangan berat. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Permesinan Kapal Politeknik Pelayaran Banten dari bulan Agustus sampai dengan Desember 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lamanya perendaman berpengaruh terhadap nilai kehilangan berat dan laju korosi. Selain itu, propeler dengan diameter 35 cm mengalami laju korosi 26,0771 MPY (mils per year) lebih cepat daripada propeler berdiameter 30 cm dengan laju korosi 20,0957 MPY. Pemilihan penggunaan diameter propeler juga harus disesuaikan dengan daya mesin, daya mesin 16 PK lebih tepat menggunakan propeler berdiameter 30 cm, sedangkan propeler berdiameter 35 cm digunakan pada mesin kapal daya 24 PK. Sehingga dapat disimpulkan bahwa cepat atau lambatnya laju korosifitas propeler perahu nelayan tradisional dipengaruhi oleh daya mesin dan diameter propeler yang digunakan, serta perendaman propeler setelah pemakaian.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Andini, M. R. (2017). Analisis Laju korosi logam Kuningan (Brass) sebagai Aplikasi Bahan Propeller Kapal. Jurnal Teknik Mesin, Vol. 5(2).
Arbintarso, E., dan Yusup, M. (2006). Studi Kasus Laju Korosi Baling-Baling Perahu Nelayan di Desa Tanjung Tiga Subang Jawa Barat. Jurnal Teknologi Academia Ista, Vol. 11 (Edisi Khusus): 43-51.
Blednova, Z. M., Rusinov, P. O., and Dmitrenko, D. V. (2016). Failure Analysis of Screw Propellers and Increase of Fail Safety by Sur face Modification with Multicomponent Materials with Shape Memory Effect. Procedia Structural Integrity, Vol. 2: 1497-1505.
Endramawan, T., Sifa, A., Dionisius, F., dan Purnomo, A. (2019). Pengujian Mutu Baling-Baling Kapal Perahu Nelayan Tradisional Indramayu. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, Vol.10(1): 581-584.
Hutami, A. S., dan Sutjahjo, D. H. (2018). Analisis Laju Korosi Baja ST 60 sebagai Spesimen Poros Propeller Kapal Menggunakan Media Air Laut dari Berbagai Tempat terhadap Variasi Waktu, Kecepatan dan Salinitas Air Laut. Jurnal Teknik Mesin Unesa, Vol. 6(2), 69-76.
Jalaluddin, Ishak, dan Rosmayuni. (2015). Efektifitas Inhibitor Ekstrak Tanin Kulit Kayu Akasia (Acacia Mangium) terhadap Laju Korosi Baja Lunak (ST.37) dalam Media Asam Klorida. Jurnal Teknologi Kimia Unimal, Vol. 4(1): 89-99.
Karokaro, H. S., and Hastuti, K. (2021). The Effect of Aging and Speed Variation on Propeller Corrosion of Aluminum Alloys Material. Journal Renewable Energy & Mechanics (REM), Vol. 4(2), 47-55.
Maulana, A., Azwar, A., dan Marzuki (2022). Analisa Laju Korosi pada Komponen Daun Kemudi (Rudder Blade) Perahu Bermotor Nelayan Tradisional. Jurnal Mesin Sains Terapan, Vol. 6(1): 22-29.
Nugroho, D. (2020). Perahu Patah Propeller Saat Mencari Ikan, Dua Nelayan Dievakuasi Basarnas Pos Selayar. Diakses pada 1 April 2022. https://basarnas.go.id/artikel/perahu-patah- propeller-saat-mencari-ikan-dua-nelayan-dievakuasi-basarnas-pos-selayar.
Pattireuw, K. J., Rauf, F. A., and Lumintang, R. (2013). Analisis Laju Korosi Pada Baja Karbon dengan Menggunakan Air Laut dan H2SO4. Jurnal Poros Teknik Mesin UNSRAT, Vol. 2(1): 1- 10.
Perdana, M. Y., dan Yunitasari, B. (2022). Analisis Laju Korosifitas dan Struktur Mikro Paduan Al6061 dan Alumunium Komersil dengan Perlakuan Panas T6 Double Quenching Oli SAE 20W. Jurnal Teknik Mesin Unesa, Vol. 10(1): 117-122.
Ramadani, A., & Sakti, A. M. (2017). Analisis Perbedaan Laju Korosi Material Jari-Jari Sepeda Motor (Spokes) pada Berbagai Media Air yang Berkonsentrasi Asam di Daerah Perindustrian Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, Vol. 6(1):52-57.
Suadi, A., Rauf, F. A., dan Lumintang, R. (2016). Tinjauan Berbagai Keretakan pada Poros Propeller Baling-Baling Kapal dengan menggunakan Proses Non Destructive Testing. Jurnal Online Poros Teknik Mesin UNSRAT, Vol. 5(2): 46-57.