ANALISIS TEGANGAN DAN DEFORMASI PADA PLAT SANDWICH STRUKTUR KAPAL YANG MENGALAMI KERUSAKAN RETAK PADA CORE MATERIAL
Main Article Content
Abstract
Penggunaan plat sandwich pada struktur kapal semakin meluas. Steel based hybrid sandwich banyak digunakan sebagai alternatif pengganti plat baja berpenegar. Plat sandwich ini terdiri dari faceplate berupa baja dan core material berupa matriks polyurethane elastomer. Perbedaan karakteristik pada dua material penyusun plat sandwich tersebut menyebabkan beberapa permasalahan. Salah satu permasalahan yang mungkin terjadi adalah kerusakan retak pada core material, yang menyebabkan lepasnya faceplate dari core-nya. Hal ini terjadi karena core material yang berupa matriks polyurethane relatif getas (brittle), sehingga rentan mengalami kerusakan ketika terkena pembebanan lebih atau berulang. Pada penelitian ini dilakukan analisis stress dan deformasi yang terjadi pada plat sandwich struktur geladak kapal, yang memiliki kerusakan retak pada core yang menyebabkan lepasnya lapisan faceplate dari core materialnya. Kerusakan core ini diasumsikan merepresentasikan retak mode I pada mekanika kepecahan. Analisis dilakukan dengan metode elemen hingga dengan bantuan software komputer. Beberapa model dengan variasi panjang keretakan dianalisis, untuk melihat pengaruh panjang keretakan terhadap stress, deformasi dan faktor intensitas stress pada model tersebut. Serta dievaluasi nilai panjang retak minimal saat mulai terjadinya perambatan retak. Hasil analisis menunjukkan bahwa tegangan maksimum (von misses) mengalami kenaikan secara linear dan signifikan terhadap kenaikan panjang keretakan. Tegangan maksimum pada kondisi utuh terjadi pada ujung-ujung kondisi batas jepit (fixed), sementara pada model dengan kerusakan berada pada sisi yang tidak mengalami keretakan. Deformasi juga mengalami kenaikan yang linear dan signifikan seiring dengan kenaikan panjang keretakan. Posisi deformasi maksimum berada pada ujung retakan. Nilai critical stress intensity factor (KIC) pada model adalah 6,90 dan panjang retak gagal (af) adalah 12,2 mm. Artinya perambatan retak akan terjadi ketika panjang retak mencapai 12,2 mm.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdullah, K., Zubaydi, A. & Budipriyanto, A., 2018. Aplikasi Sandwich Plate System Berbahan Core Limbah Cangkang Kerang pada Geladak Kapal. Jurnal Wave, Volume Volume 12, No. 2.
Ardhyananta, H. et al., 2019. Characterization of Vinyl Ester Bio-resin for Core Material Sandwich Panel Construction of Ship Structure Application: Effect of Palm Oil and Sesame Oil. s.l., AIP Conference Proceedings DOI: 10.1063/1.5141664, pp. 1-5.
Brooking, M. & Kennedy, S., 2004. The performance, safety and production benefits of SPS structures for double hull tankers. London, UK, Proceedings of the RINA Conference on Double Hull Tankers.
Farshidi, A., Berggreen, C. & Carlsson, L. A., 2022. Low temperature mixed-mode debond fracture and fatigue characterisation of foam core sandwich. Journal of Sandwich Structures & Materials, Vol 22(4), pp. 1039-1054.
Ismail, A. et al., 2021. Study of Sandwich Panel Application On Side Hull Of Crude Oil Tanker. Journal of Applied Engineering Science.
Momcilovic, N. & Motok, M., 2009. Estimation of ship lightweight reduction by means of application of sandwich plate system. FME Trans vol. 37, no. 3, p. 123–128.
Palomba, G., Epasto, G. & Crupi, V., 2021. Lightweight sandwich structures for marine applications: a review. Mechanics of Advanced Materials and Structures.
Ramakrishnan, K. & Kumar, P., 2016. Application of Sandwich Plate System for Ship Structures. IOSR Journal of Mechanical and Civil Engineering (IOSR-JMCE), pp. 83-90.
Sujiatanti, S., Zubaydi, A. & Budipriyanto, A., 2018. Finite element analysis of ship deck sandwich panel. Applied Mechanics and Materials 874, Issue DOI: 10.4028/www.scientific.net/AMM.874.134, pp. 134-139.
Tuswan, Zubaydi, A., Budipriyanto, A. & Sujiatanti, S., 2018. Comparative study on ferry ro-ro’s car deck structural strength by means of application of sandwich materials. s.l., The 3rd International Conference on Marine Technology, vol. 1, p. 87-96, DOI:10.5220/0008542800870096, pp. 87-96.
Tuswan, Zubaydi, A., Piscesa, B. & Ismail, A., 2020. Dynamic characteristic of partially debonded sandwich of ferry ro-ro’s car deck: a numerical modeling. Open Engineering 10(1), pp. 424-433.
Utomo, E., Zubaydi, A. & Pratisna, P., 2016. Study of Core Material Sandwich Panel in Ship Construction. Surabaya, The 2nd International Seminar on Science and Technology, Postgraduate Program-ITS.