PENGARUH KONFIGURASI SUDUT SEBAR DAN PANJANG TALI TERHADAP KINERJA SISTEM TAMBAT KAPAL ISAP PRODUKSI TIMAH

Main Article Content

Arief Syarifuddin
Erdina Arianti
Rosi Dwi Yulfani
Fariz Maulana Noor
Anauta Lungiding Angga Risdianto
M Mustain

Abstract

Kinerja sistem tambat Kapal Isap Produksi (KIP) timah sangat dipengaruhi oleh tension dari tali tambat dan offset yang dialami oleh struktur. Analisis pada sistem tambat untuk penelitian ini dilakukan dengan variasi sudut sebar tali tambat (30°, 45°, dan 60°) dan variasi panjang tali yaitu dengan diperpendek 0.2 m dan diperpanjang 0.2 m. Hasil yang diperoleh dari analisis yang dilakukan adalah respon gerak dari KIP timah dalam gerakan vertikal dan horizontal sudah cukup bagus. Variasi sudut sebar tali 30° menghasilkan tension maksimum paling baik, dengan tension maksimum sebesar 451.35 kN akibat arah pembebanan 90° di fairlead. Pada variasi panjang tali, adanya penambahan panjang 0.2 m, sudut sebar 30°, arah pembebanan 90° di fairlead merupakan yang terbaik dengan tension maksimum sebesar 449.30 kN. Tension maksimum yang dihasilkan masih dalam batas yang diijinkan API RP 2SK. Offset maksimum yang dihasilkan juga masih dalam batas aman yang diijinkan oleh API RP 16Q, dengan offset sumbu-x terbesar 0.228 m akibat arah pembebanan 135° dan sumbu-y sebesar 0.566 m akibat arah pembebanan 90°.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Agustinus, M., 2018. Simalakama Kilau Timah di Laut Bangka. [Online] Available at: https://kumparan.com/kumparanbisnis/simalakama-kilau-timah-di-laut-bangka-1540612093580465875/full [Accessed 24 Oktober 2021].

API, 1993. Recommended Practice for Design, Selection, Operation, and Maintenance of Marine Drilling Riser Systems. Washington: API Publishing Services.

API, 2005. Design and Analysis of Stationkeeping Systems for Floating Structures. Washington: API Publishing Services.

Djatmiko, E. B., 2012. Perilaku dan Operablitas Bangunan Laut di Atas. 1st ed. Surabaya: ITS Press.

Hayatul Fajar, A., Chrismianto, D. & Sasmito Hadi, E., 2017. Studi Analisa Slamming & Deck Wetness Akibat Gerakan Heaving – Pitching Coupling & Gerakan Non-Linier Rolling (Studi Kasus Kapal MT Pandan). Jurnal Teknik Perkapalan, V(4), pp. 677-687.

Maulana, H., 2019. Kapal Milik PT Timah Tenggelam di Perairan Prayun, Riau. [Online] Available at: https://megapolitan.kompas.com/read/2019/08/31/19365291/kapal-milik-pt-timah-tenggelam-di-perairan-prayun-riau [Accessed 24 Oktober 2021].

Mujahid, A. S., 2019. Kajian Penentuan Titik Berat Vertikal pada Studi Kelayakan Desain Barge Penambang Timah terhadap Stabilitas Kapal. Jurnal inovtek polbeng, IX(1), pp. 182-189.

Mujahid, A. S. & Priohutomo, K., 2018. Studi Kelayakan Desain Kapal Hisap Tambang. Jurnal Wave, XII(2), pp. 81-88.

OCIMF, 1994. Prediction of Wind and Current Loads on VLCCs, London: The Oil Companies International Marine Forum.

OCIMF, 2010. Estimating The Environmental Loads On Anchoring Systems, 2010: The Oil Companies International Marine Forum.

Rahman, I., 2017. Tali Tambat Putus, Dua Buah Tongkang Tabrak Puluhan Kapal Nelayan. [Online] Available at: https://banjarmasin.tribunnews.com/2017/02/08/tali-tambat-putus-dua-buah-tongkang-tabrak-puluhan-kapal-nelayan [Accessed 24 Oktober 2021].

Romadhoni, 2016. Analisa olah Gerak Kapal di Gelombang Reguler. Kapal, XIII(2), pp. 61-68.

Sachoemar, S. I. & Kristijono, A., 2005. Evaluasi Kondisi Lingkungan Perairan Estuaria Teluk Klabat, Bangka pada Musim Timur. Jurnal Rekayasa Lingkungan, VI(3), pp. 438-445.

Sukoco, 2016. Tali Baja Pengikat Putus, Ponton Hantam Dua Kapal di Pelabuhan Nunukan. [Online] Available at: https://regional.kompas.com/read/2016/12/14/11004241/tali.baja.pengikat.putus.ponton.hantam.dua.kapal.di.pelabuhan.nunukan [Accessed 24 Oktober 2021].

Supriadi, A., Oktaviani, . K., Kencono, A. W. & Prasetyo, B. E., 2016. Analisis Pembentukan Harga di Bursa Timah Indonesia dan Dunia. Jakarta Pusat: Pusat Data dan Teknologi Informasi Energi dan Sumber Daya Mineral.

Widhaputra, Y., Arief, A. T. & Herlina, W., 2014. Evaluasi Kinerja Jig Pada Kapal Isap Produksi Timah 12 Daerah Perairan Laut Tempilang Bangka Barat Di Unit Laut Bangka Pt Timah (Persero) Tbk, Provinsi Bangka Belitung. Jurnal Ilmu Teknik Sriwijaya, II(5).

Yulianti, Burhanuddin, . B. & Albana, 2020. Analisa Pertambangan Timah Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Ekonomi, XXII(1), pp. 54-62.