KAJIAN SINKRONISASI MESIN UTAMA DAN PROPELLER PADA KAPAL PERIKANAN PASCA REPARASI (STUDI KASUS KM. NELAYAN 2017-572)

Main Article Content

Ahmad Yasim
Robertoes Koekoeh Koentjoro Wibowo
Kusnindar Priohutomo

Abstract

Sinkroniasasi antara lambung, mesin utama dan propeller pada kapal perikanan 5 GT pasca reparasi perlu dikaji untuk memperoleh kecepatan dan mengotimalkan performa kapal. Penelitian diawali dengan memprediksi hambatan kapal menggunakan metode Van Oortmersen kemudian menganalisa sinkronisasi mesin dan propeller serta tahap akhir dilakukan optimasi. Hasil penelitian didapatkan sinkronisasi mesin dan propeller memenuhi kriteria dimana  =  = 1.98 kN, Ae/Aomin 0.44 < Ae/Aoprop 0.55, dan Faktor Load propeller 1.77 < Faktor Load mesin 2.91. Lebih lanjut, diketahui bahwa kapal memiliki kecepatan 7.3 knot yang mana telah memenuhi kecepatan desain yaitu berkisar 7-9 knot. Optimasi engine-propeller matching dilakukan dengan mengubah gearbox dari rasio 2.5 menjadi 2.2 namun hasilnya hanya menambah kecepatan sebesar 0.4 knot sehingga dinilai komposisi terbaik adalah mempertahankan mesin dan sistem penggerak kapal yang telah ada.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Harvald, S.V. A.A. (1992). Resistance and Propulsion of Ships. New York: John Wiley & Sons.

Holtrop, J., 1984. Statistical Re-analysis of Resistance and Propulsion Data. International Shipbuilding Progress. 31 (363): 272-276. https://repository.tudelft.nl/islandora/object/uuid:ca12a502-fc85-45e4-a078-db7284127e3c.

Holtrop, J., Mennen, G.G.J., 1982. An Approximate Power Prediction Method. International Shipbuilding Progress. 29 (335): 166-170. https://content.iospress.com/articles/international-shipbuilding-progress/isp29-335-01.

KKP. (2019). FAQ Pembangunan Perikanan Tangkap (Bagian II). Diakses pada 3 Maret 2020. https://kkp.go.id/artikel/11752-faq-pembangunan-perikanan-tangkap-bagian-ii.

Leksono, S., 2018. Sinkronisasi Propeller dengan Mesin Induk Pada Kapal Ikan untuk Meningkatkan Efisiensi dan Kinerja. Wave J. Ilmiah Teknologi Maritim. 10 (1): 19-24. https://doi.org/10.29122/jurnalwave.v10i1.2629.

Mannen, V.J.D., Ossanen, V.P., Lewis, E.V. (1988). Principle of Naval Architecture second Revision Vol II. Jersey City : The Society of Naval Architects and Marine Engineers.

Suardi, W. Setiawan, R.J. Ikhwani, H.D. Salma. 2018. Desain Kapal Penangkap Ikan Multipurpose 70 GT. Jurnal Inovtek Polbeng. 8 (2): 175-180. https://doi.org/10.35314/ip.v8i2.660.

Yasim, A., Widodo, Ali, B., Ghofur, A., 2019. On the Comparison of Resistance Prediction for BPPT’s Design of Offshore Platform Decommissioning Vessel Using Numerical, Experimental and Empirical Methods. Proceedings of The 4th International Conference on Marine Technology.