ANALISIS TEGANGAN REGANGAN PADA PELAT DECK DAN BOTTOM KAPAL FERRY RO-RO MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD
Main Article Content
Abstract
Tegangan dan regangan merupakan suatu hal yang krusial pada kekuatan kapal, hal ini menjadi sangat penting untuk mengetahui beban maksimal yang bisa diterima oleh kapal karena antara kedua hal tersebut saling berkaitan, alasan keselematan juga menjadi satu hal mengapa tegangan regangan patut untuk diketahui. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tegangan regangan maksimum kapal dengan variasi ketebalan pelat 100%, 90%, 80% dan 60%, menggunakan metode yakni Finite Element Method. Hasil penelitian didapatkan nilai tegangan maximum pada ketebalan 100% yaitu 312.539 N/mm2 dengan regangan maximum yang dihasilkan yaitu 1,48 x 10-3. , untuk ketebalan 90% dihasilkan tegangan maximum sebesar 353.47 N/mm2 dan regangan maximum yang dihasilkan yaitu 1,68 x 10-3. , keteblan 80% tegangan maximum yang dihasilkan sebesar 617.78 N/mm2 dengan regangan maximum yang dihasilkan yaitu 0,29 x 10-3., ketebalan 60% tegangan maximum yang dikeluarkan sebesar 820.03 N/mm2 dengan regangan maximum yang dikeluarkan yaitu 0.39 x 10-3 . Untuk pelat 100% dan 90% tidak melebihi tegangan izin, sedangkan untuk pelat 80% dan 60% melebihi tegangan izin.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Kalam, Akbar Huffadz , Imam Pujo Mulyatno, Good Rindo. 2017. Kajian Teknis Kekuatan Car Deck Pada Kapal Ferry Ro-Ro 500 GT Akibat Perubahan Muatan Dengan Metode Elemen Hingga, Universitas Diponegoro. Semarang.
Amaliyah ela firda, tyas ayu widiningrum, ludfi djakfar. Analisa tegangan dan regangan pada perkerasan porus dengan skala semi lapangan dan software ansys. Universitas brawijaya. Malang.
http://navaleengineering.id/2012/03/plat-baja-pada-kapal.html diakses pada 23 Agustus 2019.
http://burhan.blog.uns.ac.id/files/2010/05/struktur-beton-pelat-2.pdf diakses pada 23 Agustus 2019.
https://docplayer.info/72858157-1-diagram-tegangan-regangan-baja-dan- penjelasan.html di akses pada 22 Agustus 2019.
Deviyanti, I.G.A Sri, Dedy Kunhadi, Johan Frastian. (2014). Perencanaan Tata Letak Fasilitas Industri Galangan Kapal Di Lamongan. Surabaya: Universitas WR. Supratman Surabaya.
Meriam Webster. (1828). Modification Mean. Retrieved https://www.merriam-webster.com/dictionary/modification.
https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780750689878000044 di akses pada 25 Agustus 2019.