IDENTIFIKASI KERUSAKAN PADA PELAT SANDWICH LAMBUNG SISI MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

Main Article Content

Rizky Chandra Ariesta
Achmad Zubaydi
Abdi Ismail
Tuswan Tuswan

Abstract

Pelat sandwich merupakan material baru yang tersusun atas material kulit dan material inti yang dapat digunakan untuk menggantikan pelat konvensional pada konstruksi kapal. Penggunaan material ini memiliki kelebihan dengan mengurangi berat sehingga dapat memungkinkan menambah muatan pada kapal. Dalam penerapan pelat sandwich diperlukan sistem untuk menentukan kerusakan pada strukturnya. Pada penelitian ini dikembangkan metode identifikasi kerusakan secara menyeluruh berdasarkan respon getaran. Kerusakan diidentifikasi dengan analisis getaran menggunakan metode elemen hingga (FEM). Variabel identifikasi berdasarkan besar volume kerusakan material inti. Analisis dilakukan pada pelat sandwich lambung kapal tanker dengan kekuatan yang telah memenuhi standard kelas Llyoid Register (LR). Pelat sandwich dimodelkan dengan kondisi batas dijepit kedua sisi untuk mendekati model sesungguhnya. Parameter penentuan besar kerusakan diperoleh dari perubahan frekuensi alami pada pelat. Penurunan frekuensi alami menunjukkan adanya kerusakan pada material inti sandwich.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ariesta, R. C., Zubaydi, A. I. A., Tuswan & Al-Syachri, M. Z., 2020. Identification of damage in a Ship Hull Sandwich Plate by Natural Frequency. Malang, s.n.

Brooking, M. & Kennedy, S., 2004. "The Performance, Safety and Production Benefits of SPS Structures for Double Hull Tankers”. London, UK.

Burlayenko, V. N. & Sadowski, T., 2018. Linear and Nonlinear Dynamic Analyses of Sandwich Panels with Face Sheet-to-Core Debonding. Shock and Vibration, 2018(https://doi.org/10.1155/2018/5715863), pp. 1-26.

Cao, M. S., Sha, G. G., Gao, Y. & Ostachovicz, W., 2017. Structural damage identification using damping a compendium of uses and features. Smart Materials and Structure, 26(4).

Gholizadeh, S., 2016. A Review of Non-Destructive Testing Methods of Composite Materials. XV Portugese Conference on Fracture, Procedia Structural Integrity (Elsevier), pp. 50-57.

Ismail, A. et al., 2020. Vibration-based damage identification for ship sandwich plate using finite element method. Open engineering, Volume 10, pp. 744-752.

Kaveh, A. & Zolghadr, A., 2015. An Improved CSS for damage detection of truss structures using changes in natural frequencies and mode shapes. Advenced Engineering Software, Volume 80, pp. 93-100.

Lou, J. et al., 2014. Effects of local damage on vibration characteristics of composite pyramidal truss core sandwich structure. Composite : Part B, Volume 62, pp. 73 - 87.

LR, 2020. Rules for the Application of Sandwich Panel Construction to Ship Structure. United Kingdom: Lloyd's Register Group.

Radzienski, M., Krawczuk, M. & Palacz, M., 2011. Improvement of damage detection methods based on experimental modal parameters. Mech Syst Signal Processing, Volume 25, pp. 2169 - 2190.

Seguel, F. & Meruane, V., 2018. Damage assessment in a sandwich panel based on full-field vibration measurements. Sound Vibration, Volume 417, pp. 1- 18.

Sha, G., Radzie?ski, M., Cao, M. & Ostachowicz, W., 2019. A novel method for single and multiple damage detection in beams using relative natural frequency change. Mech Syst Signal Pr , Volume 132, pp. 335 - 352.

Sujiatanti, S. H., Zubaydi, A. & Budipriyanto, A., 2018. Finite Element Analysis of Ship Deck Sandwich Panel. Applied Mechanics and Materials, Volume 874, pp. 134 - 139.

Utomo, E., Zubaydi, Achmad & Budipriyanto, A., 2017. Metode Pembuatan Sandwich Panel pada Skala Laboratorium untuk Konstruksi Kapal. WAVE: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim, 11(1), pp. 7 - 14.

Yang, C., Hou, X., Wang, L. & Zhang, X., 2016. Application of Different Criteria in Structural Damage Identification Based on Natural Frequency and Static Displacement. Science China Technological Sciences, 59(11), pp. 1746-1758.

Yan, Y., Cheng, L., Wu, Z. & Yam, L., 2007. Development in Vibration-Based Structural Damage Detection Technique. Mechanical Systems and Signal Processing, pp. Vol. 21, pp. 2198–2211..

Zhang, Z. et al., 2013. Vibration-based inverse algorithm for detection of delamination in composite structure. Composite Structure, Volume 102, pp. 226-236.

Zubaydi, A. & Budipriyanto, A., 2020. Material Sandwich: Teori, Desain dan Aplikasi. 1st ed. Surabaya: Airlangga Univesity Press.