DESAIN SKIMMER BOAT (KAPAL PENGAMBIL SAMPAH) DAERAH PERAIRAN SUNGAI DIKALIMANTAN TIMUR

Main Article Content

Amalia Ika Wulandari
Wira Setiawan
Taufik Hidayat
Arman Fauzi

Abstract

Jumlah sampah yang dibawa ke Tempat Pembungan Akhir (TPA) Manggar Balikpapan saat ini mencapai 305 m3 perharinya. Lebih dari itu, sering pula dijumpai sampah-sampah yang masih tersebar di muara-muara sungai,pelabuhan dan kawasan perairan lain yang tidak diketahui jumlahnya salah satunya di Sungai Klandasan Hilir. Maka masalah yang muncul adalah bagaimana mendesain suatu kapal yang dapat mengatasi penumpukan sampah di perairan sungai dan berapa ukuran utama yang sesuai untuk perairan sungai diKalimantan. solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi penumpukan sampah yang ada disungai yaitu dengan menggunakan bantuan Trash Skimmer Boat. Work Boat ini adalah salah satu jenis dari kapal khusus yang difungsikan untuk melakukan pengambilan sampah perairan baik sungai, danau, laut maupun kanal. Menggunakan metode Parent Design Approach dan dengan bantuan Software Maxsurf maka diperoleh ukuran utama sebesar LOA = 3 m, B = 2 m, T = 0,37 m, H = 0,7 m, B1 = 0,962 m, dan v = 6 knots. Bentuk dasar dari Trash Skimmer Boat ini berlambung pontoon catamaran yang dilengkapi dengan bak sampah dengan kapasitas 1 m3 dan setelah dilakukan survey data sampah, disarankan kapal ini dioperasikan sekali dalam seminggu selama 1 jam dengan fasilitas tambahan yaitu 1 bak penampungan sampah dan 1 unit mini portable crane dengan kapasitas angkut sebesar 300 kg yang diletakkan pada dermaga titik akhir penampungan sampah dari sungai.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arianto, W. (2016). Desain Kapal Wisata Katamaran untuk Kepulauan Karimunjawa. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Badan Lingkungan Hidup. (2015). Laporan Status Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Tahun 2015. Retrieved from http://dlh.balikpapan.go.id/assets/filedownload/BUKU_Laporan_SLHD_2015.pdf

Desain Skimmer Boat (Kapal Pengambil Sampah) Daerah Perairan Sungai di Kalimantan Timur

(Amalia Ika Wulandari, Wira Setiawan, Taufik Hidayat dan Arman Fauzi)

Badan Pusat Statistik Kota Balikpapan. (2018). Retrieved from https://balikpapankota.bps.go.id/publication/2018/08/16/8df63ffd73378cb97b4fc3eb/kota-balikpapan-dalam-angka-2018.html

Chrismianto, D., Adietya, B. A., & Sobirin, Y. (2014). Pengaruh Variasi Bentuk Hull Kapal Catamaran. KAPAL: Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Kelautan, Vol. 11(2), 99-106.

Dubrovsky, V., & Lyakhovitsky. (2001). Multi-Hull Ships. Rusia: Backbone Pub. Co.

Insel, M., & Molland, A. F. (1991). An Investigation into the Resistance Components of High Speed Displacement Catamarans. The Royal Institution of Naval Architects, 1-20.

Jamaluddin, A., Utama, I. K., Widodo, B., & Molland, A. F. (2012). Experimental and Numerical Study of the Resistance Component Interactions of Catamarans. Journal of Engineering for the Maritime Environment, Vol. 227 (1), 51-60.

Walezyk, S. L. (2006). Patent No. US20060065586A1. United States.