STUDI KEBERLANJUTAN LAYANAN ANGKUTAN PENYEBERANGAN WILAYAH KEPULAUAN
Main Article Content
Abstract
Angkutan Penyeberangan di Kuala Tungkal - Dabo Singkep sangat penting, karena berperan penting sebagai penghubung utama antara kedua pulau tersebut dengan wilayah di sekitarnya. Permasalahan muncul ketika kapal menjalani perawatan tahunan (docking) dan sewaktu-waktu kapal mengalami kerusakan, sehingga layanan penyeberangan terhenti dan terputus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mencari bagaimana cara mempertahankan layanan angkutan penyeberangan disaat kapal penyeberangan di lintasan Kuala Tungkal - Dabo Singkep tidak beroperasi. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mencari alternatif pengoperasian kapal yang dapat memaksimalkan waktu operasional kapal. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis pola operasi kapal penyeberangan di sekitar kedua lintasan tersebut. Skenario yang dikembangkan adalah dengan memperhatikan batasan waktu dan jarak tempuh di rute yang ada. Skenario yang terpilih adalah dengan mengoperasikan KMP Kundur yang semula beroperasi di lintasan Tanjung Pinang - Dabo Singkep menjadi Tanjung Pinang - Dabo Singkep - Kuala Tungkal. Skenario ini dapat dipakai untuk menggantikan KMP Sembilang saat tidak beroperasi. Biaya operasional kapal pengganti ini adalah sebesar Rp.57.587.626,- per round trip.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Hakim, L. (2016). Penentuan Rute Pelayaran Terbaik untuk Mendukung Program Tol Laut NKRI. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol.16(2): 160-168.
Kemenhub. (2012). Pedoman Bongkar Muat di Pelabuhan Sungai dan Danau. Jakarta: Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.
Kemenhub. (2016). Outlook Kementerian Perhubungan Tahun 2017. Jakarta: Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.
Leatemia, J. (2011). Pengaturan Hukum Daerah Kepulauan. Mimbar Hukum, Vol. 23(3): 431-645.
Masyhuri. (2001). Dimensi Ekonomi Kehidupan Sosial Masyarakat Nelayan. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, Vol. 9(1): 73-98.
Menhub. (2003). Keputusan Menteri Nomor KM. 58 Tahun 2003 tentang Mekanisme Penetapan Dan Formulasi Perhitungan Tarif Angkutan Penyeberangan. Jakarta: Menteri Perhubungan Republik Indonesia.
Nasution, M. N. (2004). Manajemen Transportasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
PT. ASDP. (2018). Laporan Tahunan Data Lintasan dan Armada Penyeberangan. Batam: PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) Cabang Batam.
PT. ASDP. (2019). Laporan Tahunan Data Jadwal Layanan Penyeberangan. Batam: PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) Cabang Batam.
Saputra, D. (2017). Pelabuhan Roro Kualatungkal Jambi Segera Beroperasi. Diakses pada tanggal 8 Agustus 2019. https://www.antaranews.com/berita/619003/pelabuhan-roro-kualatungkal-jambi-segera-beroperasi.
Taufik, M. R., Mutmainah, N. dan Tamara, A. K. (2019). Pengaruh Jadwal Sandar dan Keberangkatan Kapal terhadap Kualitas Pelayanan Kapal. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik (JMBTL), Vol. 5(3): 403-407.