OPTIMASI KONTROL PADA MANEUVERING KAPAL MENGGUNAKAN NI SB-RIO

Main Article Content

Ponco Siwindarto
Fadila Norasarin Eritha
M. Aswin

Abstract

Maneuvering kapal merupakan karakteristik dari sebuah kapal. Uji manever kapal sangat penting dan salah satu pengujiannya adalah zigzag. Jurnal ini menyodorkan salah satu sistem kontrol pada maneuvering kapal menggunakan NI SB-RIO yang memiliki dimensi kecil dan terkategori ringan dibandingkan pendahulunya. Perancangan sistem autopilot ini divalidasi melalui simulasi uji zigzag model kapal dan dari hasil validasi ini didapatkan bahwa sistem kontrol ini berfungsi dan mampu melakukan lintasan zig-zag sesuai yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Duman, Suleyman dan Bal, Sakir. (2017) Prediction of The Turning and Zig-Zag Maneuvering Performance of a Surface Combatant with URANS. Ocean System Engineering, Vol. 7(4): 435-460.

Faltinsen, Odd M. (2005). Hydrodynamics of High-Speed Marine Vehicles. New York: Cambridge University Press.

HiTEC. FLASH 7 Aircraft Radio System Instruction Manual.

IMO. (2002). Standards for Ship Manoeuvrability. Report of the Maritime Safety Committee on its Seventy-Sixth Session - Annex 6 (Resolution MSC. 137(76)). London: International Maritim Organization.

National Instruments. (2008). National Instruments Introduces NI Single-Board RIO Platform for Embedded System Deployment. Diakses pada 6 Juni 2019. https://investor.ni.com/news-releases/ news-release-details/national-instruments-introduces-ni-single-board-rio-platform.

National Instruments. (2011). OEM Operating Instructions and Specifications NI sbRIO-9605/9606 Single-Board Rio OEM Devices. Diakses pada tanggal 6 Juni 2019. http://www.ni.com/pdf/manuals/373378a.pdf.

Skjetne, Roger. (2003) Ship Maneuvering: Past, Present, and Future. Sea Technology, Vol. 44(3):33-37.