ANALISA TEKUK PADA KAPAL FERRY RO-RO
Main Article Content
Abstract
Para perancang struktur kapal dapat menentukan jarak gading yang optimal dengan batasan resiko tekuk pada pelat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui beban batas lateral pada masing-masing jarak gading sehingga dapat diketahui resiko tekuk yang terjadi pada pelat. Tekuk adalah suatu ragam kegagalan yang diakibatkan oleh ketidakstabilan suatu elemen struktur yang diepengaruhi oleh aksi beban. Kegagalan yang diakibatkan oleh ketidakstabilan dapat terjadi pada berbagai material. Pada saat tekuk terjadi, taraf gaya internal dapat sangat rendah. Fenomena tekuk berkaitan dengan kekakuan elemen struktur. Kekuatan tekuk pada setiap bagian struktur dapat dievalusi dengan menggunakan konsep tegangan tekuk kritis. Besarnya tegangan tekuk kritis berhubungan dengan persamaan klasik tekuk Euler dan bergantung pada apakah tekuk ini terjadi pada kondisi elastis dan tidak elastis. Penurunan beban berbanding terbalik dengan kenaikan jarak gading,semakin jauh jarak gading maka semakin kecil beban yang dibutuhkan agar pelat mengalami tekuk.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alie, M. Z. M., Sitepu, G., Juswan, Wahyuddin dan Nugraha, A. M. (2016). The Influence of Superstructure on the Longitudinal Ultimate Strength of a Ro-Ro Ship. Proceedings of the 26th International Ocean and Polar Engineering Conference.
BKI. (2017). Seagoing Ships Volume II Part 5. Biro Klasifikasi Indonesia, Jakarta.
Camotim, D., Silvestre, N., Basaglia, C. dan Bebiano, R. (2008). GBT-Based Buckling Analysis of Thin-Walled Members with Non-Standard Support Conditions. Thin-Walled Structures, Vol. 46(7): 800-815.
Jawad, M. H. (1994). Theory and Design of Plate and Shell Structures. London: Chapman and Hall.
Lamb, Thomas. (2003). Ship Design and Construction. New Jersey: Society of Naval Architects and Marine Engineers (SNAME).
Schodek, D. L. (1998). Struktur. Bandung: P.T. Refika Aditama.
Shama, M. (2013). Buckling of Ship Structures. New York: Springer.