DESAIN DAN ANALISA STRUKTUR KONSTRUKSI FAIRING MULTIBEAM ECHOSOUNDER (MBES) DI KAPAL RISET BARUNA JAYA I BPPT MENNGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA (FEM)

Main Article Content

Arfis Maydino Firmansyah Putra
Tris Handoyo
Kusnindar Priohutomo

Abstract

Revitalisasi peralatan di Kapal Riset Baruna Jaya I dilaksanakan oleh Balai Teksurla BPPT dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan survei hidrografi. Salah satu peralatan yang direvitalisasi adalah Multibeam Echosounder (MBES) untuk laut dalam. Peralatan ini dapat berfungsi untuk pemetaan dasar laut dengan kedalaman sampai dengan 11.000 m dan merupakan yang pertama dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Dalam prosesnya MBES membutuhkan suatu dudukan di badan kapal sehingga peralatan dapat tersambung secara langsung dengan operator diatas kapal. Pada riset ini dibuat desain konstruksi dudukan MBES yang memenuhi kriteria kekuatan konstruksi berdasarkan peraturan class Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) menggunakan metode elemen hingga (Finite Element Method – FEM). Terdapat 3 (tiga) kondisi pembebanan dalam analisis numerik FEM ini, yaitu: Kondisi A (pembebanan hidrostatik), Kondisi B  (pembebanan sensor) dan Kondisi C (pembebanan hidrostatik dan sensor). Hasil dari perhitungan menggunakan FEM pada riset ini menunjukkan bahwa von missess stress yang dihasilkan pada kondisi pembebanan A, B dan C adalah 63,20 Mpa, 3,39 Mpa dan 63,9 Mpa, dimana nilai tegangan yang dihasilkan dari analisa FEM lebih kecil dari tegangan izin yang disyaratkan oleh BKI yaitu 180 Mpa. Hasil riset menunjukkan bahwa desain struktur Transducer Fairing Construction memenuhi desain tegangan ijin dari peraturan klas BKI, yang menunjukkan bahwa fairing MBES cukup aman secara konstruksi bila dipasang di lambung KR Baruna Jaya I.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

AbuBakar, Anuar dan Dow, R. S. (2013). Simulation of Ship Grounding Damage Using the Finite Element Method. International Journal of Solids and Structures, Vol. 50 (5): 623–636.

ANSYS Inc. 2013. LS-DYNA Keyword User’s Manual. Troy: Livermore Software Technology Corporation (LSTC).

BKI. (2017). Rules for Hull Volume II. Biro Klasifikasi Indonesia, Jakarta.

Tim Perkapalan Balai Teksurla. 2017. Desain Fairing dan Jalur Pipa KR Baruna Jaya I. Tangerang Selatan: BPPT.

Mujahid, A. S. dan Nugroho, W. H. (2010). Analisa Bending Stress pada Submerged Floating Tunnel. Jurnal Wave, Vol. 4 (1): 1–5.

Nugroho, W. H. dan Pitoyo. (2012). Study Numerik Distribusi Tegangan Badan Kapal Berbahan Aluminum. Jurnal Wave, Vol. 6 (1): 1–6.

Wang, J. J., Song, Y. C., Wang, W. dan Chen, C. J. (2019). Evaluation of Flexible Floating Anti-Collision Device Subjected to Ship Impact using Finite Element Method. Ocean Engineering, Vol. 178: 321–33