APLIKASI SANDWICH PLATE SYSTEM BERBAHAN CORE LIMBAH CANGKANG KERANG PADA GELADAK KAPAL
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi dalam bidang material dan konstruksi menghasilkan banyak inovasi, salah satunya adalah sandwich plate system. Sandwich plate system merupakan sebuah material yang dibentuk oleh dua material yang berbeda menjadi ke dalam satu layer. Sandwich plate system terdiri dari face berupa plat dan core berupa komposit. Cangkang kerang merupakan salah satu bahan limbah yang dapat digunakan sebagai filler pada core. Material komposit yang digunakan sebagai core merupakan campuran antara serbuk cangkang kerang sebagai filler dan resin sebagai matrix. Perpaduan antara serbuk cangkang kerang dan resin, menghasilkan material komposit yang kuat. Sandwich plate system dengan menggunakan core dari serbuk cangkang kerang dan resin menghasilkan kekuatan yang baik dan dapat diaplikasikan pada konstruksi geladak kapal. Material dengan menggunakan filler serbuk cangkang kerang sebesar 20% dari berat resin menghasilkan tegangan maksimum pada geladak sebesar 53.32 N/mm2, dan 53.20 N/mm2 dengan filler sebesar 30% dari berat resin.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdullah, K., Zubaydi, A. dan Budipriyanto, A. (2017). Development of Sandwich Panel with Core from Clamshell Powder for Ship Structure, Proceeding Seminar on Marine Technology (SENTA) 53: II-59 – II-67.
Biro Klasifikasi Indonesia. (2009). Rules for Hull, Volume II. BKI. Indonesia.
Det Norske Veritas. (2012). Steel Sandwich Panel Construction, Classification Notes, No.30.11. DNV. Norwegia.
Doufnoune, R., Chebira, F. dan Haddaoui, N. (2003). Effect of Titanate Coupling Agent on the Mechanical Properties of Calcium Carbonate Filled Polypropylene. International Journal of Polymeric Materials and Biomaterials: 967-984.
Gopichand, A., Khrishnaiah, G., Krishnaveni, D. dan Reddy, D. (2013). Numerical Simulation of Steel Sandwich Plate System (SPS) Floor. International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology, Vol. 2 (11): 6300-6308.
Ginting, M. H. S., Lubis, M., Suwito, F. dan Tanujaya, B. (2017). Effect of Clam Shell Powder (Anadara granosa) Composition on Physical and Mechanical Properties of Polyester Resin Particle Board Products. Asian Journal of Chemistry, Vol. 29(1): 81-85.
Iswidodo, Windra. (2017). Identifikasi Multiple Damages Struktur Kapal Berbahan Sandwich Panel Menggunakan Respon Getaran. Skripsi. Institut Teknologi Surabaya. Surabaya
Logan, Daryl L. (2007). A First Course in the Finite Element Method. USA: Thomson Canada Limited,.
Mustakimah, M., Suzanna, Y. dan Saikat, M. (2012). Decompositon Study of Calcium Carbonate inCockle Shell. Journal of Engineering Science and Technology, Vol. 7 (1): 1-10.
Momcilovic, N. dan Motok, M. (2009). Estimation of Ship Lightweight Reduction by Means of application of Sandwich Plate System. FME Transactions, Vol. 37: 123-128.
Kujala, Penttl dan Klanac, Alan. (2005). Steel Sandwich Panels in Marine Applications. Brodogradnja: Teorija i praksa brodogradnje i pomorske tehnike, Vol. 56: 305-314.
Ramakrishnan, K. V. dan Kumar, P. G. S. (2016). Application of Sandwich Plate System for Ship Structures. IOSR Journal of Mechanical and Civil Engineering: 83-90.
Sandcore. (2010). Best Practice Guide for Sandwich Structures in Marine Applications. New Rail, University of Newcastel upon Tyne. Australia.
Yusof, M. dan Afifi, A. M. (2013). Effect of Filler Size on Flexural Properties of Calcium Carbonate Derived from Clam Shell Filled with Unsaturated Polyester Composites. Key Engineering Materials, Vol. 594-595: 57-62.
Yusof, M. dan Afifi, A. M. (2014). Hardness and Compressive Properties of Calcium Carbonate Derived from Clam Shell Filled Unsaturated Polyester Composites. Materials Research Innovations, Vol. 18: S6-291 – S6-294.