STUDI KELAYAKAN DESAIN KAPAL HISAP TAMBANG

Main Article Content

Ahmad Syafiul Mujahid
Kusnindar Priohutomo

Abstract

Feasibility study menjadi salah satu langkah penting diawal perencanaan pembangunan kapal. Karena dengan melakukan feasibility study maka akan didapatkan perhiutngan awal gaya-gaya yang akan bekerja pada badan kapal. Pada paper ini feasibility study dilakukan pada kapal jenis Bore Hole Mining (BHM). Kapal BHM ini diharapkan mampu beroperasi pada kedalaman 60 m. Pada paper ini feasibility study yang dibahas adalah analisa stabilitas kapal BHM dan tegangan geser yang dialami kapal BHM kondisi Loadcase Departure, Loadcase Full Load, Loadcase Half Load dan Loadcase Arrival. Dari hasil dari feasibility study yang dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan kapal BHM tidak memenuhi standart yang ditetapkan dalam hal stabilitas pada berbagai kondisi loadcase dimana Angle of Minimum GZ kurang dari yang disyaratkan IMO pada 25 deg. Sedangkan untuk shear stress pada berbagai kondisi loadcase masih memenuhi kreteria yang ditetapkan BKI yaitu kurang dari 100 MPa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anonim. (2017). Dinyatakan Lengkap, Berkas Penyidikan KIP PT. SIP Siap Disidangkan. Diakses pada 2 Desember 2016. http://www.korankite.com/dinyatakan-lengkap-berkas-penyidikan-kip-pt-sip-siap-disidangkan.

BKI. (2014). Rules for the Classification and Volume V Rules for Materials 2014 Edition Biro Klasifikasi Indonesia. Biro Klasifikasi Indonesia, Jakarta.

Gorat, M. L. P. (2017). Analisis Stabilitas Crane Barge saat Operasi Heavy Lifting. Tugas Akhir. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Hardjanto, A. (20

. Pengaruh Kelebihan dan Pergeseran Muatan di Atas Kapal terhadap Stabilitas Kapal. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhan, Vol. 1 (1): 1-17.

IMO. (1993). Code on Intact Stability for All Types of Ships Covered by IMO Instruments. International Maritime Organization, London.

Khristyson, S. F., Mulyatno, I. P. dan Trimulyono, A. (2014). Analisa Kekuatan Konstruksi Internal Ramp Sistem Steel Wire Rope pada KM Dharma Kencana VIII dengan Metode Elemen Hingga. Jurnal Teknik Perkapalan, Vol. 2 (3): 107-114.

Kiryanto. (2010). Analisa Teknis Stabilitas dan Olah Gerak Kapal Patrol Speed Boat “Grass Carp” di Perairan Rawa Pening Jawa Tengah. Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, Vol. 7 (2): 13-26. Maxsurf. (2013). Maxsurf Stability. Bentley Systems Incorporated.

Mustafa, A. (2015). Numerical Analysis on the Effect of Shear Keys Pitch on the Shear Performance of Foamed Sandwich Panels. Engineering Structures, Vol. 101: 216-232.

Prasetyatama, D. Q. dan Yulianto, T. (2012) Tegangan Geser pada Struktur Kapal Kontainer. Jurnal Teknik ITS, Vol. 1 (1): G46-G50.

Siagian, A. R. H. dan Mulyatno, I. P. (2015). Analisa Shear Stress pada Struktur Cincin Kapal Crude Oil Tanker 6500 DWT Berbasis Metode Elemen Hingga. Jurnal Teknik Perkapalan, Vol. 3 (2): 309–318.

Sugianto, Y. (2016). Rangkuman Langkah-langkah Desain Kapal Menurut Desain Spiral. Diakses pada 2 Desember 2016. https://www.academia.edu/30778258/Rangkuman_Langkah-langkah_Desain_Kapal_Menurut_Desain_Spiral_Intisari_Desain_Kapal_Tanker_Dengan_Payload_5000_ton_Oleh_Yusep_Sugianto_NRP_4116202001.