STUDI PEMANFAATAN INTERNET OF THINGS DAN DATA MINING UNTUK PENGAWASAN BAHAN BAKAR MINYAK (STUDI KASUS: PERUSAHAAN PELAYARAN PENUMPANG NASIONAL)

Main Article Content

Anza Ansori

Abstract

Sistem distribusi tertutup diberlakukan oleh Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) sejak tahun 2009 berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 45 Tahun 2009. Sistem ini mengatur distribusi bahan bakar minyak jenis tertentu dengan kuota dan daerah disribusi yang sudah ditentukan. Pada operasionalnya, sistem ini mewajibkan adanya pengawas yang akan melaporkan realisasi bahan bakar yang tersalur pada sisi pengguna bahan bakar minyak tersebut. Pengawas yang dimaksud dapat berupa personel dari pihak ketiga yang diikuti dengan biaya pengawasan ataupun sebuah sistem informasi pengawasan bahan bakar. Biaya pengawasan dengan menggunakan personel mencapai sebesar Rp 6.272.310.000 dalam setahun untuk semua kapal. Biaya tersebut dapat dikurangi dengan membangun sistem informasi pengawasan bahan bakar online dengan untuk menghilangkan komponen biaya personel. Sistem informasi tersebut dapat dibangun dengan memanfaatkan teknologi internet of things yang mengaplikasikan sensor yang dikendalikan mikrokontroler pada tangki kapal. Untuk mengetahui isi volume tangki digunakan metode simple moving average untuk menentukan ketinggian permukaan tangki yang kemudian dikonversikan ke dalam satuan volume. Sistem yang sudah dirancang kemudian akan dievaluasi berdasar keakuratan, kemudahan implementasi, keandalan perangkat, dan nilai investasi yang dibutuhkan. Penghematan biaya pengawasan pada satu kapal dalam setaun didapatkan sebesar 80% dengan nilai investasi sebesar Rp 59.500.000.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

BPH Migas. (2013). Peraturan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi Nomor 06 Tahun 2013 tentang Penggunaan Sistem Teknologi Informasi dalam Penyaluran Bahan Bakar Minyak. Jakarta: Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi.

Cluster of European Research Projects (CERP). (2009). Internet of Things and Its Strategic Research Agenda (SRA). Living in tomorrow’s Internet of Things World, Aalborg, 19-20 Mei.

Hand, D., Mannila, H. dan Smyth, P. (2001). Principles of Data Mining. Cambridge: The MIT Press.

Rakicevic, A., Koncarevic, R. dan Petrovic, B. (2014). Comparison of Moving Averages for Trading Trends: the Case of the Belgrade Stock Exchange. New Business Models And Sustainable Competitiveness, Zlatibor, 6-10 Juni.

McLeod, R. (1995). Management Information Systems, 6th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Statista. (2017). Number of Carnival Corporation & plc passengers worldwide from 2007 to 2017 (in millions). Di akses pada 2 Desember 2017. https://www.statista.com/statistics/266274/passengers-of-cruise-operator-carnival-corporation-und-plc.

Stopford, M. (2009). Maritime Economics 3rd Edition. London: Taylor & Francis e-Library.

Syamsir, H. (2004). Solusi Investasi di Bursa Saham Indonesia. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Vanderminden, P. (2016). IoT: the Good, the Bad and the Ugly. Industrial Internet Consortium, St. Leon-Rot, Jerman, 21 September.