DESIGN OF CATAMARAN SHIP AS INLAND WATERWAYS TRANSPORTATION MODE IN SAMARINDA
Main Article Content
Abstract
Akhir tahun 2016 angkutan umum hanya menjangkau daerah perkotaan Samarinda dan belum menjamah di daerah perbatasannya. Kurangnya transportasi yang menghubungkan masyarakat dari tiap daerah menjadi permasalahan. Penelitian ini bertujuan mendesain moda transportasi perairan daratan di perbatasan kota Samarinda dan sekitarnya. Metode yang digunakan yaitu metode trend curve approach dari data kapal pembanding dan optimasi dari software. Hasil penelitian didapatkan ukuran utama dengan panjang (Loa)=12.70 meter, sarat (T)=0.94 meter, lebar tiap lambung kapal (B)=1.30 meter, lebar total kapal (BT)=5.50 meter dan H=2.10 meter, Cb=0.540, Vs=10 knot, crew=4 orang, kapasitas penumpang=36 orang. Hambatan yang dialami Kapal Katamaran sebesar 1,593 kN dan membutuhkan daya mesin 16 HP.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arianto, W. (2015). Desain Kapal Wisata I Katamaran Untuk Kepulauan Karimun Jawa. Jurnal Teknik POMITS Vol. 1.
Badan Pusat Statistik. (2013). Samarinda dalam Angka Tahun 2013. Samarinda: Badan Pusat Satatistik.
Effendy (2006). Analisa Teknis Perencanaan Kapal Patroli Cepat dengan Bentuk Hull Katamaran. Tugas Akhir. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
Evans, J. M. (1959). Basic Design Concept. American Society of Naval Engineers Journal, Vol. 71, No. 4: 672-678.
Harvald, Sv. Aa. (1972). Resistance and propulsion of Ship. New York: John Wiley & Sons.
Insel, M. dan Molland, A. F. (1991). An Investigation Into The Resistance Components of High Speed Displacement Catamarans. London: The Royal Institution of Naval Architects.
Muk-Pavic, E., Chin, S. dan Spencer, D. (2006). Validation Of The CFD Code Flow-3D For The Free Surface Flow Around The Ship’s Hulls. 14th Annual Conference Of The CFD Society Of Canada, Kanada, 16-18 Juli.
Parsons, M. G. (2004). Parametric Design, Chapter 11 – Ship Design and Construction, SNAME.
Sujiman. (2014). Kajian Pemanfaatan Arus Bawah Sungai Mahakam Sebagai Sumber Energi Listrik Alternatif Yang Ramah Lingkungan. Gerbang Etam: Jurnal Badan Penelitian dan Pengembngan Daerah, Vol. 8, No. 1:54-67.
Torqeedo. (2014). Catalogue 2014. Di akses pada 1 Maret 2018. https://www.torqeedo.com/en/ products/ catalogue.
Watson, D. G. M. (1998). Practical Ship Design. UK: Elsevier Science Technology.