STUDI PERBANDINGAN THRUST DAN TORQUE PADA TOROIDAL PROPELLER DENGAN WAGENINGEN B-SERIES PROPELLER MENGGUNAKAN SIMULASI COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD)

Main Article Content

Tegar Prastyo
Muhammad Sawal Baital
Aulia Windyandari
Zulfaidah Ariany

Abstract

Propeller berperan penting dalam sistem propulsi kapal, memengaruhi kecepatan dan efisiensi transportasi laut. Wageningen B-Series Propeller menjadi standar dalam analisis hidrodinamis, sementara Toroidal Propeller menawarkan keunggulan dalam torsi serta pengurangan noise dan getaran. Penelitian ini membandingkan karakteristik hidrodinamis dan performa propulsi kedua propeller menggunakan simulasi CFD dengan model turbulensi Transition k-kl-ω. Analisis mencakup Thrust, Torque, KT, dan KQ pada rentang 1500–3000 RPM. Hasilnya, Wageningen B-Series menghasilkan Thrust lebih tinggi, mencapai 2610 N pada 1500 RPM dan 3101 N pada 3000 RPM, dibandingkan Toroidal yang hanya 654 N dan 1591 N. Namun, Toroidal unggul dalam torsi, meningkat dari 67 Nm pada 1500 RPM menjadi 205 Nm pada 3000 RPM, sedangkan B-Series hanya 138,58 Nm. Kesimpulannya, Wageningen B-Series lebih unggul dalam Thrust, sementara Toroidal lebih baik dalam torsi dan potensi pengurangan kebisingan. Optimasi geometri Toroidal Propeller diperlukan untuk meningkatkan daya dorong dan efisiensinya agar lebih kompetitif di industri maritim.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Alejandra, V. & Camacho-zamora, N., 2024, ‘Numerical Analysis and Validation of an Optimized B-Series Marine Propeller Based on NSGA-II Constrained by Cavitation’.

Frechou, 2013, ‘ITTC - Propulsion Committee’, International Towing Tank Conferenc.

Gregory Charles Sharrow; Cherry Hill; NJ, no date, United States Patent Sharrow Propeller.

Helal, M.M., Ahmed, T.M., Banawan, A.A. & Kotb, M.A., 2018, ‘Numerical prediction of sheet cavitation on marine propellers using CFD simulation with transition-sensitive turbulence model’, Alexandria Engineering Journal, 57(4), 3805–3815.

Hosien, M.A. & Selim, S.M., 2017, ‘Experimental and theoretical investigation on the effect of pumped water temperature on cavitation breakdown in centrifugal pumps’, Journal of Applied Fluid Mechanics, 10(4), 1079–1089.

ITTC, 2011, ‘The Specialist Committee on Uncertainty Analysis, Final Report and Recommendations to the 26th ITTC’, 26th International Towing Tank Conference, II, 433–471.

Lammeren, W. van, Manen, J.D. van & Oosterveld, M., no date, Kt, Kq and Efficiency Curves for the Wageningen B-Series Propellers.

Oossanen, P. Van & Oosterveld, M.W.C., 1975, ‘Further Computer-Analyzed Data of the Wageningen B-Screw Series.’, International Shipbuilding Progress, 22(251).

Sebastian, T. & Strem, C., 2019, ‘Toroidal Propeller Patent’, 1, 1–10.