PERUBAHAN LINGKUNGAN VEGETASI DI KOMPLEKS SITUS CANDI PADANG ROCO DAN CANDI PULAU SAWAH SC\IATERA BARAT BERDASARKAN ANALISIS PALINOLOGY

Authors

  • Vita Mattori Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional

Abstract

ABSTRAK. Situs Padang Roco dan Pulau Sawah merupakan situs-situs peninggalan purbakala berupa bangunan atau bagian dari bangunan yang dibuat dari bahan yang tahan lama berupa bata dan merupakan bangunan suci yang disebut sebagai candi. Bangunan ini dimanfaatkan sebagai tempat atau pusat upacara keagamaan yang diselenggarakan untuk kepentingan masyarakat pendukungnya.

Berdasarkan analisa palinology (serbuk sari yang terendapkan di dalam tanab) maka makalah ini mengemukakan tentang perubahan lingkungan vegetasi masa lampau di kompleks Candi Padang Roco dan Kompleks Candi Pulau Sawah di Sumatera Barat hingga terbentuknya keadaan lingkungan vegetasi sekarang.

Dari jenis pollen sedimen yang didapatkan, maka keadaan lingkungan vegetasi pada masa Situs Candi Padang Roco dan Pulau Sawah masib berfungsi dapat diketahui. Dari data tumbuhan Genis pollen sedimen) tersebut jika dibandingkan dengan keadaan lingkungao vegetasi saat ini, maka keadaan lingkungan vegetasi saat ini telah menga• lami perubahan.

Perubahan lingkungan yang terjadi di situs ini disebut dengan suksesi sekunder yang mana suksesi sekunder ini terjadi pada lahan atau wilayah yang pada awalnya telah bervegetasi sempuma yang kemudian mengalami kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam, endapan lumpur sungai, longsor maupun oleh aktivitas manusia tetapi tidak mer• usak secara total tempat tumbuh tumbuhan tersebut sehingga masih ada substrat lama dan kehidupan tumbuhan. Pada suksesi sekunder, habitat awal mempunyai substrat yang sama dengan sebelum mengalami gangguan, demikian juga bakal kehidupan yang berkembang sebagian berasal dari luar ciao sebagian lagi berasal dari dalam habitat itu sendiri.

Perubahan lingkungan vegetasi menyebabkan perubahan ekosistim, karena vegetasi merupakan makhluk yang sangat menentukan dalam ekosistim.

Keyword: vegetasi, candi,  alinologi

 

ABSTRACT. Alteration of Vegetation in the Environment at Candi Padang Roco and Candi PuJau Sawah Site Complexes, West Sumatra, based on Palynology Analysis. Padang Roco and Pulau Sawah are archaeological sites where buildings or part of building made of bricks, which is long last• ing material, were found. Those remains were religious buildings known as candis. The buildings were functioned as centers or places to perform religious ceremonies for the benefit of the people who bore the culture.

Based on Palynology Analysis (analysis of pollen deposited on or buried under the ground), this

paper will discuss about alteration of vegetation in the environment at Padang Roco and Pulau Sawah, West Sumatra, a process that had shaped the present day vegetation.

The pollen sediments found at Padang Roco and Pulau Sawah, the vegetation at period when both period sites were still functioned can be revealed. Analysis on vegetation data, which was then compared with recent condition of the vegetation at those sites, shows that the environment there has changed.

The environment alteration at the sites is secondary succession, which occurred in a landscape or area that initially had perfect vegetation but was then damaged due to natural disasters (river mud deposit, landslides) and human activities, but the environment was not totally damaged. Therefore, there were still old substrate and plants. In the case of secondary succession, the original habitat had the same substrate and parts of the vegetation came from outside the place but some are from the original habitat.

Alteration of vegetation causes the ecosystem to change because vegetation is very influential in an ecosystem.

Keyword: vegetation, candi, alinology

Downloads

Published

18-01-2024

How to Cite

Mattori, V. (2024). PERUBAHAN LINGKUNGAN VEGETASI DI KOMPLEKS SITUS CANDI PADANG ROCO DAN CANDI PULAU SAWAH SC\IATERA BARAT BERDASARKAN ANALISIS PALINOLOGY. AMERTA, 26(1), 74–89. Retrieved from https://ejournal.brin.go.id/amerta/article/view/3354

Issue

Section

Articles