MEUGANG AND KENDURI NUZULULQURAN TRADITION IN ACEH COMMUNITY IN THE COVID-19 PANDEMIC PERIOD

Main Article Content

Mirza Desfandi
Jakiatin Nisa
Ahmad Nubli Gadeng

Abstract

This article describes the phenomenon of the implementation of the Meugang and Kenduri Nuzululquran traditions in the months of Ramadan and Idulfitri 1441 H during the Covid-19 pandemic in Aceh. This paper is a literature review. The results of the study show that even though they are being hit by the Covid-19 pandemic, the people of Aceh during the month of Ramadan 1441 H still flocked to mosques to carry out worship. In addition, the tradition of Meugang and the feast of Nuzululquran is still being carried out. This is because the people of Aceh believe that by carrying out religious orders and carrying out the Meugang tradition and the tradition of sharing in the Nuzululquran feasts that have been carried out from generation to generation, will be able to keep them away from disasters and calamities. Conversely, if a lot of disobedience and disobeying His commands will bring disaster and disaster. Based on this, it is advisable for the public to carry out the tradition of Meugang and kenduri nuzulul quran or other traditions to always comply with the appeal of the government and also scholars by always carrying out health protocols in preventing the spread of Covid-19.

Article Details

How to Cite
Desfandi , M., Nisa, J., & Gadeng, A. N. (2021). MEUGANG AND KENDURI NUZULULQURAN TRADITION IN ACEH COMMUNITY IN THE COVID-19 PANDEMIC PERIOD. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 23(1), 1–12. https://doi.org/10.14203/jmb.v23i1.1058
Section
Articles

References

Alamsyah, I. E. (2020, 22 April). MPU Aceh Izinkan warga tarawih berjamaah di

masjid. Republika. Diunduh dari https://republika.co.id/berita/q95k1f349/mpu-

aceh-izinkan-warga-tarawih-berjamaah-di-masjid Pada 7 Juni 2020.

Aminullah, S. (2020). Makna Idul fitri. Republika. Diunduh dari:

https://republika.co.id/berita/qacjub366/makna-idul-fitri pada 10 Juni 2020.

As’ad, M. (2012, Februari). Agama dan keadaban publik. Millah: Jurnal Studi

Agama, Vol XI (No. 2), Februari 2012: 541-558.

Azanella, L.A. (2020, 18 April). Menyambut Ramadhan 2020 di tengah situasi

Pandemi Virus Corona. Kompas. Diunduh dari:

https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/18/094838065/menyambut-

ramadhan-2020-di-tengah-situasi-pandemi-virus-corona?page=2 pada 10 Juni

2020

Azhari. (2020, 23 April). Tradisi "Meugang" di tengah Pandemi COVID-19 di

Aceh. Antara News. Diunduh dari

https://www.antaranews.com/berita/1440052/tradisi-meugang-di-tengah-

makna-bulan-puasa pada 10 Juni 2020

Bauto, L.M. (2014, Desember). Perspektif agama dan kebudayaan dalam

kehidupan masyarakat Indonesia (Suatu tinjauan sosiologi agama). JPIS: Jurnal

Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2): 11-25

Bramasta, D.B (2021, 11 April). Update corona global 11 April: 10 negara

dengan kasus tertinggi. Kompas. Diunduh dari:

https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/11/120400765/update-corona-

global-11-april-10-negara-dengan-kasus-tertinggi-who pada 11 April 2021

Bustamam-Ahmad, K.( 2013). Syariat Islam sebagai Living Tradition, Finiqas,

2(1): 152.

Dewi, R.K. (2020, 17 April). Imbauan Kemenag soal pelaksanaan ibadah

Ramadhan di tengah Pandemi Corona. Kompas. Diunduh dari:

https://www.kompas.com /tren/read/2020/04/17/191036065/berikut-imbauan-

kemenag-soal-pelaksanaan-ibadah-ramadhan-di-tengah-pandemi pada 9 Juni

2020

Effendi, N. (2020). Keutamaan Bulan Ramadhan. Unpad Online. Diunduh dari:

https://www.unpad.ac.id/rubrik/keutamaan-bulan-ramadhan/ pada 9 Juni 2020

Firdausita, R.S. (2017). Pengaruh pemahaman agama dan lingkungan terhadap

perilaku perempuan hamil di luar nikah di Kecamatan Pucuk Kabupaten

Lamongan. (Tesis). Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Surabaya

Hasjmy, A. (1983). Kebudayaan Aceh dalam sejarah. Jakarta: Beuna

Husna, A. (2014, 28 Juni). Selamat datang Ramadhan. Tribunnews. Diunduh

dari: https://aceh.tribunnews.com/2014/06/28/selamat-datang-ramadhan. pada 8

Juni 2020

Iskandar. 2010. Perayaan MaMeugang dalam perspektif hukum Islam. Laporan

Penelitian. Lhokseumawe-Aceh: STAIN Malikusssaleh.

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Kumparan. (2020). Update Corona di Aceh hari ini. https://www.kumparan.com

pada 8 Juni 2020

Lombard, D. (2007). Kerajaan Aceh zaman Sultan Iskandar Muda (1607-1636).

Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Marzuki. (2011). Tradisi Peusijuek dalam masyaerakat Aceh, El Harakah: Jurnal

Budaya Islam, 13(2): 133-149.

Marzuki. (2014). Tradisi Meugang dalam masyarakat Aceh: Sebuah tafsir agama

dalam budaya. El Harakah: Jurnal Budaya Islam, 16 (2): 216-233

Meugang, tradisi Aceh sambut ramadan yang terancam Corona. (2020, 20

April). CNN Indonesia. Diunduh dari https://www.cnnindonesia.com/

nasional/20200420100839-20495153/meugang-tradisi-aceh-sambut-ramadan-

yang-terancam-corona pada 9 Juni 2020.

Mitchell, B., Setiawan, B., & Rahmi, H.D. (2010). Pengelolaan sumber daya dan

lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mulyanto, H. (2014, 27 Juni). Makna dan hikmah Idul fitri. NU Online. Diunduh

dari: https://www.nu.or.id/post/read/53537/makna-dan-hikmah-idul-fitri pada 8

Juni 2020

Nashrullah, N. (2020, 19 Mei). Kenduri Nuzulul Quran, Tradisi Khas Akhir

Ramadhan di Aceh. Republika. Diunduh dari:

https://republika.co.id/berita/qal1ac320/kenduri-nuzulul-quran-tradisi-khas-akhir-

ramadhan-di-aceh pada 8 Juni 2020

Sendari, A.A. (2019, 5 Juni). Makna Idul fitri yang tak hanya sekadar kembali ke

fitrah. Liputan6. Diunduh dari: https://www.liputan6.com/ramadan/read

/3980526/makna-idul-fitri-yang-tak-hanya-sekadar-kembali-ke-fitrah Pada 7 Juni

2020

Setyadi, A. (2020, 18 Mei). Positif Corona terendah se-Indonesia, Pemprov Aceh

minta warga awasi pemudik. Detikcom. Diunduh dari

https://news.detik.com/berita/d-5018880/positif-corona-terendah-se-indonesia-

pemprov-aceh-minta-warga-awasi-pemudik.

Supadan, P. (1998). Penelitian Agama Islam: Tinjauan disiplin antropologi,

dalam Mastuhu dan Deden R (Ed), Tradisi baru penelitian Agama Islam:

Tinjauan antar disiplin. Bandung: Nuansa.

Sutiyono. (2010). Benturan budaya Islam: Puritan dan sinkretisme. Jakarta:

Kompas Media Nusantara.

Virus corona: Salat tarawih berjemaah dan hukuman cambuk di Aceh tetap

berlangsung, 'transmisi lokal hanya masalah waktu'. (2020, 24 April). BBC News

Indonesia. Diunduh dari https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-52406833

pada 9 Juni 2020.

Woodword, M.K. (2006). Islam Jawa: Kesalehan normatif versus kebatinan.

Yogyakarta: LKiS.