PROBLEM SEMANTIS DAN SOLUSI PEMAHAMAN MULTIKULTURALISME, INTERKULTURALISME, DAN CROSS-CULTURAL
Main Article Content
Abstract
Kajian ini bertujuan mengidentifikasi problem semantis dan menemukan solusi pemahaman multiculturalism,
interculturalism, dan cross-cultural dengan analisis hermeneutika Gadamer, filologis, dan historis kritis. Hasil kajian
ini adalah problem semantis berawal dari multiculturalism yang memiliki banyak arti dan menuai perdebatan di kalangan
akademisi. Problem ini mendapat respons berupa transposisi multiculturalism dengan kejelasan fiturnya. Diskusi
muncul ketika problem multiculturalism berhadapan dengan tema interculturalism sebagai pendekatan pembanding.
Ada dua perspektif argumen; argumen yang mendukung multiculturalism dan argumen responsif. Diskusi problem
meningkat ketika “interculturalism” digunakan untuk menunjukkan model spesifik “managing cultural diversity”
dalam multikulturalisme Kanada yang berbeda dengan important respect dari model interkulturalisme Eropa.
Dua pendekatan tersebut memuat indikasi keuntungan strategis dalam pengalihan ke istilah “interculturalism”
karena istilah “multiculturalism” dipandang telah ternoda secara politis selama dekade terakhir. Diskusi dapat
menimbulkan puncak kritik terhadap arus studi multikulturalisme yang mengabaikan kontribusi disiplin primer,
terutama antropologi dan psikologi sosial, khususnya teori kontak. Pada akhirnya, kajian ini mengajukan tiga poin
solusi pemahaman; (1) multiculturalism merupakan konsep holistik dan basis ideologis pengakuan perbedaan
budaya, (2) interculturalism merupakan model pengelolaan perbedaan budaya sesuai dengan basis budaya kawasan
yang berbeda, (3) cross-cultural bersubstansi pola interaksi, program aksi, skill, dan instrumen manajemen konflik.
Kajian ini berargumen bahwa problem semantis multiculturalism, interculturalism, dan cross-cultural memerlukan
solusi pemahaman secara spesifik tentang karakteristik masing-masing istilah tersebut
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdullah, I. (2006). Tantangan Multikulturalisme
dalam Pembangunan. Jurnal Antropologi
Sosial Budaya Etnovisi, 2(1), 12–21.
Agg, C. (2006). Trends in Government Support for
Non-Governmental Organizations: Is The
“Golden Age” of the NGO Behind Us? In
UNRISD programme papers on civil society
and social movements. UN Research Institute
for Social Development. https://digitallibrary.
un.org/record/580162?ln=en
al Hamid, I. (2019). Pedagogi Identitas Keagamaan:
Official Knowledge dan Interkulturalisme
Pendidikan Islam di Papua. Jurnal Pendidikan
Agama Islam (Journal of Islamic Education
Studies), 7(1), 37–54.
Amanda, A. (2016). Peran Agensi Budaya dan Praktik
Multikulturalisme di Perkampungan Budaya
Betawi (PBB) Setu Babakan. Jurnal Pemikiran
Sosiologi, 3(2), 40–58.
Aneta, B. (2013). Multiculturalism as important
characteristic of contemporary education.
International Journal of Cognitive Research in
Science, Engineering and Education, 1(1), 1–7.
Antonsich, M. (2016). Interculturalism vs multicultur
alism–The Cantle-Modood debate. Ethnicities,
16(3), 470–493.
Azeri, S. (2013). Multiculturalism: The Ideology of
the New World Order. In F. Kuhn (Ed.), Identi
ties, Cultures, Spaces: Dialogue and Change
(pp. 57–82). Cambridge Scholarly Press.
Azra, A. (2007). Identitas dan Krisis Budaya, Mem
bangun Multikulturalisme Indonesia. Jakarta:
Pustaka Indonesia.
Banting, K., & Kymlicka, W. (2012). Is There Really
a Backlash Against Multiculturalism Policies?:
New Evidence from the Multiculturalism
Policy Index. In Gritim Working Paper Series
(Vol. 14). Universitat Pompeu Fabra.
Barber, B. (2013). If mayors ruled the world: dysfunc
tional nations. Rising Cities, Yale.
Barrett, M. (2013a). Interculturalism and Multicul
turalism: Similarities and Differences. Council
of Europe.
Barrett, M. (2013b). Introduction–Interculturalism and
Multiculturalism: Concepts and Controversies.
In M. Barrett (Ed.), Interculturalism and Mul
ticulturalism: Similarities and Differences.
Council of Europe.
Bolo, A. D., Soares, A. J. R., Sigiro, E. E., Borgias,
F., Ganeswara, G. M., Seva, K., Silitonga,
S. G. J., Setiarmo, S. A., Laku, S. K., &
Djunatan, S. (2020). Pancasila dalam Pen
didikan Humaniora: Interkulturalisme dan
Globalisasi-Internasionalisasi. Inteligensia
Media (Kelompok Penerbit Intrans Publishing).
Canen, A., & Peters, M. A. (2005). Issues and dilem
mas of multicultural education: theories,
policies and practices. Policy Futures in Edu
cation, 3(4), 309–313. https://doi.org/10.2304/
pfie.2005.3.4.309
Cantle, T. (2013). Interculturalism as a new narrative
for the era of globalisation and super-diversity.
In Interculturalism and Multiculturalism:
similarities and differences. Council of Europe.
Castells, M. (2010). The Power of Identity. Wiley
Blackwell.
Colombo, E. (2015). Multiculturalisms: An over
view of multicultural debates in western
societies. Current Sociology Review, 63(6),
800–824. https://journals.sagepub.com/doi/
abs/10.1177/0011392115586802
Congden, S. W., Matveev, A. V, & Desplaces, D. E.
(2009). Cross-cultural communication and
multicultural team performance: A German and
American comparison. Journal of Comparative
International Management, 12(2), 73–89.
Darmojuwono, S. (2007). Peran Stereotipe dalam
Komunikasi Lintas Budaya: Kasus Indonesia
Jerman. Linguistik Indonesia, 98–105.
Dewantara, A. W. (2015). Pancasila dan Multikul
turalisme Indonesia. Studia Philosophica et
Theologica, 15(2), 109–126.
Dewantara, A. W. (2019). Bhinneka Tunggal Ika seb
agai Model Multikulturalisme Khas Indonesia.
Seminar Nasional Keindonesiaan IV, 396–404.
Doerr, J. C. (2004). Dealing with cross-cultural
conflict in a multicultural organisation: an
education management perspective. University
of South Africa.
Emerson, M. (2011). Interculturalism: Europe and its
Muslims in search of sound societal models.
Centre for European Policy Studies.
Gunawan, K., & Rante, Y. (2011). Manajemen konflik
atasi dampak masyarakat multikultural di Indo
nesia. Jurnal Mitra Ekonomi Dan Manajemen
Bisnis, 2(2), 212–224.
Hanberger, A. (2010). Multicultural Awareness
in Evaluation: Dilemmas and Challenges.
Evaluation, 16(2), 177–191. https://doi.
org/10.1177/1356389010361561
Held, D. (1989). The decline of the nation state. In
S. Hall & M. Jacques (Eds.), New Times (pp.
191–204). Lawrence & Wishart.
Hermawan, H., & Hamzah, R. E. (2017). Objektifi
kasi Perempuan dalam Iklan Televisi: Analisis
Lintas Budaya terhadap Iklan Parfum Axe yang
Tayang di Televisi Indonesia dan Amerika
Serikat. Jurnal Kajian Media, 1(2).
Iacovino, R. (2016). Commentary:’interculturalism vs
multiculturalism-How can we live together in
diversity’ (Vol. 16, Issue 3, pp. 470–493). Sage
Publications Ltd.
Irhandayaningsih, A. (2012). Kajian Filosofis Terhadap
Multikulturalisme Indonesia. Humanika, 15(9).
Istiqamatunnisak, I. (2020). Interkulturalisme Bahasa
Melayu dalam Hikayat Raja-Raja Pasai. Ar
Raniry, International Journal of Islamic Stud
ies, 4(2), 359–372.
Kastoryano, R. (2018). Multiculturalism and intercul
turalism: redefining nationhood and solidarity.
Comparative Migration Studies, 6(1), 1–11.
https://doi.org/10.1186/s40878-018-0082-6
Keriapy, F. (2020). Pendidikan Kristiani Transformatif
Berbasis Multikultural Dalam Konteks Indone
sia. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama
Kristen, 5(2), 82–93.
Keval, H. (2014). From ‘Multiculturalism’ to ‘Inter
culturalism’: A commentary on the Impact of
De-racing and De-classing the Debate. New
Diversities, 6(2), 125–139.
Khairuddin, A. (2018). Epistemologi Pendidikan
Multikultural di Indonesia. Ijtimaiyah: Jurnal
Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1).
Kristianto, A., & Pradesa, D. (2020). Landasan Dakwah
Multikultural: Studi Kasus Fatwa MUI tentang
Pengharaman Pluralisme Agama. Inteleksia:
Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 2(01),
153–178.
Kumbara, A., & Anom, N. (2009). Pluralisme dan
Pendidikan Multikultural di Indonesia. Dalam
Jurnal Jantra, 4(7), 531–539.
Kymlicka, W. (1995). Multicultural Citizenship: A
Liberal Theory of Minority Rights. Oxford
University Press.
Kymlicka, W. (2003). Multicultural States and
Intercultural Citizens. Theory and Research in
Education, 1(2), 147–169.
Kymlicka, W. (2007). Multicultural Odysseys:
Navigating the New International Politics of
Diversity. Oxford University Press.
Liliweri, A. (2005). Prasangka dan Konflik; Komu
nikasi Lintas Budaya Masyarakat Multikultur.
LKiS Pelangi Aksara.
Matsumoto, D. (2000). Cross-Cultural Communica
tion. In Encyclopedia of Psychology (Volume
2, pp. 357–359). American Psychological
Association.
Mayer, C.-H., & Louw, L. (2012). Managing Cross
Cultural Conflict in Organizations. Interna-
tional Journal of Cross Cultural Management,
12(1), 3–8.
Mazid, S. (2017). Rekonstruksi Pendidikan Kewargaan
Multikultural Dalam Bingkai Keindonesiaan
Yang Beradab. Literasi Hukum, 1(1).
Meer, N., & Modood, T. (2012). How does Intercultur
alism Contrast with Multiculturalism? Journal
of Intercultural Studies, 33(2), 175–196. https://
doi.org/10.1080/07256868.2011.618266
Modood, T. (2015). What is Multiculturalism and what
can it learn from Interculturalism? Ethnicities,
11–20.
Modood, Tariq, & Meer, N. (2012). Interculturalism,
multiculturalism or both? Political Insight,
3(1), 30–33. https://doi.org/10.1111%2Fj.2041
9066.2012.00097.x
Mubit, R. (2016). Peran Agama dalam Multikul
turalisme Masyarakat Indonesia. Epistemé:
Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 11(1),
163–184.
Panjaitan, S. C., & Dewantara, A. (2019). Gotong
Royong sebagai Prinsip Masyarakat Indonesia
untuk Menanggapi Konflik Multikulturalisme.
In OSF Preprints (pp. 1–9). Open Science
Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/
wqd5v
Pratamawaty, B. B. (2017). Potensi Konflik Perkawi
nan Lintas Budaya Perempuan Indonesia dan
Laki-Laki Bule. Kafaah: Journal of Gender
Studies, 7(1), 1–14.
Purnawan, I. B. (2013). Agama Dan Multikultur:
Peran Agama Mewujudkan Multikulturalisme
Di Indonesia. Millah: Jurnal Studi Agama,
13(1), 1–22.
Riffandi, N. (2010). Interkulturalisme Teater Modern
Indonesia. Bandung: Kelir.
Salam, A. (2011). Beberapa Catatan tentang Sastra
(Indonesia) dalam Perspektif Interkulturalisme.
Dalam Aprinus Salam, Henri Chambert Loir
Dan M. Haji Salleh (Ed.) Jejak Sastra Dan
Budaya: Prosiding Seminar Internasional
Persembahan Untuk, 70, 41–54.
Samovar, L. A., Porter, R. E., & Jain, N. C. (1981).
Understanding Intercultural Communication.
Wadsworth Publishing Company.
Shofa, A. M. A. (2016). Memaknai Kembali Multikul
turalisme Indonesia Dalam Bingkai Pancasila.
JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganega
raan), 1(1), 34–40.
Sirait, B. C. (2019). Ancaman Diskriminasi Minoritas
Dan Hilangnya Multikulturalisme Di Indone
sia: Studi Kasus Penutupan Gki Yasmin Bogor.
Politika: Jurnal Ilmu Politik, 10(1), 28–39
Soemanto, B. (2000). Interkulturalisme dalam Teater
Kontemporer: Kasus Kelompok Gandrik Yog
yakarta. In N. Sahid (Ed.), Interkulturalisme
dalam Teater. Yayasan untuk Indonesia.
Song, S. (2017). Multiculturalism. In The Stanford
Encyclopedia of Philosophy (Spring 201).
Metaphysics Research Lab, Stanford Uni
versity. https://plato.stanford.edu/entries/
multiculturalism/
Suparlan, P. (2014). Menuju Masyarakat Indonesia
yang Multikultural. Antropologi Indonesia.
Supriatna, M. (2009). Bimbingan dan Konseling
Lintas Budaya. Materi PLPG PPB, FIP, UPI.
Suryadinata, L. (2003). Kebijakan Negara Indonesia
terhadap Etnik Tionghoa: Dari Asimilasi ke
Multikulturalisme? Antropologi Indonesia,
71, 1–12.
Sutono, A. (2016). Pendidikan Multikultural dan
Multikulturalisme di Indonesia (Realitas,
Tantangan, dan Harapan). JPAK: Jurnal Pen
didikan Agama Katolik, 15(8), 3–11.
Syaifuddin, A. F. (2006). Membumikan multikultur
alisme di Indonesia. Jurnal Antropologi Sosial
Budaya Etnovisi, 2(1), 3–10.
Syam, N. (2009). Tantangan Multikulturalisme Indo
nesia: Dari Radikalisme menuju Kebangsaan.
Kanisius.
Thomas, D. R. (1994). Understanding cross-cultural
communication. South Pacific Journal of
Psychology, 7, 2–8.
Thoyib, M. (2016). Model Pengembangan Pendidikan
Islam Multikultural di Indonesia. Ponorogo:
STAIN Po-Press.
Ukpokodu, O. N. (2003). Teaching multicultural edu
cation from a critical perspective: Challenges
and dilemmas. Multicultural Perspectives: An
Official Journal of the National Association for
Multicultural Education, 5(4), 17–23. https://
doi.org/10.1207/S15327892MCP0504_4
Winataputra, U. S. (2008). Multikulturalisme
Bhinneka Tunggal lka dalam Perspektif
Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Wahana
Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia.
Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(75),
1009–1027. http://jurnaldikbud.kemdikbud.
go.id/index.php/jpnk/article/view/364
Young, I. M. (2011). Justice and the Politics of Dif
ference. Princeton University Press.