PROBLEM SEMANTIS DAN SOLUSI PEMAHAMAN MULTIKULTURALISME, INTERKULTURALISME, DAN CROSS-CULTURAL

Main Article Content

Moh. Ali Aziz
Sokhi Huda

Abstract

Kajian ini bertujuan mengidentifikasi problem semantis dan menemukan solusi pemahaman multiculturalism,
interculturalism, dan cross-cultural dengan analisis hermeneutika Gadamer, filologis, dan historis kritis. Hasil kajian
ini adalah problem semantis berawal dari multiculturalism yang memiliki banyak arti dan menuai perdebatan di kalangan
akademisi. Problem ini mendapat respons berupa transposisi multiculturalism dengan kejelasan fiturnya. Diskusi
muncul ketika problem multiculturalism berhadapan dengan tema interculturalism sebagai pendekatan pembanding.
Ada dua perspektif argumen; argumen yang mendukung multiculturalism dan argumen responsif. Diskusi problem
meningkat ketika “interculturalism” digunakan untuk menunjukkan model spesifik “managing cultural diversity”
dalam multikulturalisme Kanada yang berbeda dengan important respect dari model interkulturalisme Eropa.
Dua pendekatan tersebut memuat indikasi keuntungan strategis dalam pengalihan ke istilah “interculturalism”
karena istilah “multiculturalism” dipandang telah ternoda secara politis selama dekade terakhir. Diskusi dapat
menimbulkan puncak kritik terhadap arus studi multikulturalisme yang mengabaikan kontribusi disiplin primer,
terutama antropologi dan psikologi sosial, khususnya teori kontak. Pada akhirnya, kajian ini mengajukan tiga poin
solusi pemahaman; (1) multiculturalism merupakan konsep holistik dan basis ideologis pengakuan perbedaan
budaya, (2) interculturalism merupakan model pengelolaan perbedaan budaya sesuai dengan basis budaya kawasan
yang berbeda, (3) cross-cultural bersubstansi pola interaksi, program aksi, skill, dan instrumen manajemen konflik.
Kajian ini berargumen bahwa problem semantis multiculturalism, interculturalism, dan cross-cultural memerlukan
solusi pemahaman secara spesifik tentang karakteristik masing-masing istilah tersebut

Article Details

How to Cite
Aziz, M. A., & Huda, S. (2021). PROBLEM SEMANTIS DAN SOLUSI PEMAHAMAN MULTIKULTURALISME, INTERKULTURALISME, DAN CROSS-CULTURAL. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 22(3), 289–303. https://doi.org/10.14203/jmb.v22i3.1060
Section
Articles

References

Abdullah, I. (2006). Tantangan Multikulturalisme

dalam Pembangunan. Jurnal Antropologi

Sosial Budaya Etnovisi, 2(1), 12–21.

Agg, C. (2006). Trends in Government Support for

Non-Governmental Organizations: Is The

“Golden Age” of the NGO Behind Us? In

UNRISD programme papers on civil society

and social movements. UN Research Institute

for Social Development. https://digitallibrary.

un.org/record/580162?ln=en

al Hamid, I. (2019). Pedagogi Identitas Keagamaan:

Official Knowledge dan Interkulturalisme

Pendidikan Islam di Papua. Jurnal Pendidikan

Agama Islam (Journal of Islamic Education

Studies), 7(1), 37–54.

Amanda, A. (2016). Peran Agensi Budaya dan Praktik

Multikulturalisme di Perkampungan Budaya

Betawi (PBB) Setu Babakan. Jurnal Pemikiran

Sosiologi, 3(2), 40–58.

Aneta, B. (2013). Multiculturalism as important

characteristic of contemporary education.

International Journal of Cognitive Research in

Science, Engineering and Education, 1(1), 1–7.

Antonsich, M. (2016). Interculturalism vs multicultur

alism–The Cantle-Modood debate. Ethnicities,

16(3), 470–493.

Azeri, S. (2013). Multiculturalism: The Ideology of

the New World Order. In F. Kuhn (Ed.), Identi

ties, Cultures, Spaces: Dialogue and Change

(pp. 57–82). Cambridge Scholarly Press.

Azra, A. (2007). Identitas dan Krisis Budaya, Mem

bangun Multikulturalisme Indonesia. Jakarta:

Pustaka Indonesia.

Banting, K., & Kymlicka, W. (2012). Is There Really

a Backlash Against Multiculturalism Policies?:

New Evidence from the Multiculturalism

Policy Index. In Gritim Working Paper Series

(Vol. 14). Universitat Pompeu Fabra.

Barber, B. (2013). If mayors ruled the world: dysfunc

tional nations. Rising Cities, Yale.

Barrett, M. (2013a). Interculturalism and Multicul

turalism: Similarities and Differences. Council

of Europe.

Barrett, M. (2013b). Introduction–Interculturalism and

Multiculturalism: Concepts and Controversies.

In M. Barrett (Ed.), Interculturalism and Mul

ticulturalism: Similarities and Differences.

Council of Europe.

Bolo, A. D., Soares, A. J. R., Sigiro, E. E., Borgias,

F., Ganeswara, G. M., Seva, K., Silitonga,

S. G. J., Setiarmo, S. A., Laku, S. K., &

Djunatan, S. (2020). Pancasila dalam Pen

didikan Humaniora: Interkulturalisme dan

Globalisasi-Internasionalisasi. Inteligensia

Media (Kelompok Penerbit Intrans Publishing).

Canen, A., & Peters, M. A. (2005). Issues and dilem

mas of multicultural education: theories,

policies and practices. Policy Futures in Edu

cation, 3(4), 309–313. https://doi.org/10.2304/

pfie.2005.3.4.309

Cantle, T. (2013). Interculturalism as a new narrative

for the era of globalisation and super-diversity.

In Interculturalism and Multiculturalism:

similarities and differences. Council of Europe.

Castells, M. (2010). The Power of Identity. Wiley

Blackwell.

Colombo, E. (2015). Multiculturalisms: An over

view of multicultural debates in western

societies. Current Sociology Review, 63(6),

800–824. https://journals.sagepub.com/doi/

abs/10.1177/0011392115586802

Congden, S. W., Matveev, A. V, & Desplaces, D. E.

(2009). Cross-cultural communication and

multicultural team performance: A German and

American comparison. Journal of Comparative

International Management, 12(2), 73–89.

Darmojuwono, S. (2007). Peran Stereotipe dalam

Komunikasi Lintas Budaya: Kasus Indonesia

Jerman. Linguistik Indonesia, 98–105.

Dewantara, A. W. (2015). Pancasila dan Multikul

turalisme Indonesia. Studia Philosophica et

Theologica, 15(2), 109–126.

Dewantara, A. W. (2019). Bhinneka Tunggal Ika seb

agai Model Multikulturalisme Khas Indonesia.

Seminar Nasional Keindonesiaan IV, 396–404.

Doerr, J. C. (2004). Dealing with cross-cultural

conflict in a multicultural organisation: an

education management perspective. University

of South Africa.

Emerson, M. (2011). Interculturalism: Europe and its

Muslims in search of sound societal models.

Centre for European Policy Studies.

Gunawan, K., & Rante, Y. (2011). Manajemen konflik

atasi dampak masyarakat multikultural di Indo

nesia. Jurnal Mitra Ekonomi Dan Manajemen

Bisnis, 2(2), 212–224.

Hanberger, A. (2010). Multicultural Awareness

in Evaluation: Dilemmas and Challenges.

Evaluation, 16(2), 177–191. https://doi.

org/10.1177/1356389010361561

Held, D. (1989). The decline of the nation state. In

S. Hall & M. Jacques (Eds.), New Times (pp.

191–204). Lawrence & Wishart.

Hermawan, H., & Hamzah, R. E. (2017). Objektifi

kasi Perempuan dalam Iklan Televisi: Analisis

Lintas Budaya terhadap Iklan Parfum Axe yang

Tayang di Televisi Indonesia dan Amerika

Serikat. Jurnal Kajian Media, 1(2).

Iacovino, R. (2016). Commentary:’interculturalism vs

multiculturalism-How can we live together in

diversity’ (Vol. 16, Issue 3, pp. 470–493). Sage

Publications Ltd.

Irhandayaningsih, A. (2012). Kajian Filosofis Terhadap

Multikulturalisme Indonesia. Humanika, 15(9).

Istiqamatunnisak, I. (2020). Interkulturalisme Bahasa

Melayu dalam Hikayat Raja-Raja Pasai. Ar

Raniry, International Journal of Islamic Stud

ies, 4(2), 359–372.

Kastoryano, R. (2018). Multiculturalism and intercul

turalism: redefining nationhood and solidarity.

Comparative Migration Studies, 6(1), 1–11.

https://doi.org/10.1186/s40878-018-0082-6

Keriapy, F. (2020). Pendidikan Kristiani Transformatif

Berbasis Multikultural Dalam Konteks Indone

sia. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama

Kristen, 5(2), 82–93.

Keval, H. (2014). From ‘Multiculturalism’ to ‘Inter

culturalism’: A commentary on the Impact of

De-racing and De-classing the Debate. New

Diversities, 6(2), 125–139.

Khairuddin, A. (2018). Epistemologi Pendidikan

Multikultural di Indonesia. Ijtimaiyah: Jurnal

Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1).

Kristianto, A., & Pradesa, D. (2020). Landasan Dakwah

Multikultural: Studi Kasus Fatwa MUI tentang

Pengharaman Pluralisme Agama. Inteleksia:

Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 2(01),

153–178.

Kumbara, A., & Anom, N. (2009). Pluralisme dan

Pendidikan Multikultural di Indonesia. Dalam

Jurnal Jantra, 4(7), 531–539.

Kymlicka, W. (1995). Multicultural Citizenship: A

Liberal Theory of Minority Rights. Oxford

University Press.

Kymlicka, W. (2003). Multicultural States and

Intercultural Citizens. Theory and Research in

Education, 1(2), 147–169.

Kymlicka, W. (2007). Multicultural Odysseys:

Navigating the New International Politics of

Diversity. Oxford University Press.

Liliweri, A. (2005). Prasangka dan Konflik; Komu

nikasi Lintas Budaya Masyarakat Multikultur.

LKiS Pelangi Aksara.

Matsumoto, D. (2000). Cross-Cultural Communica

tion. In Encyclopedia of Psychology (Volume

2, pp. 357–359). American Psychological

Association.

Mayer, C.-H., & Louw, L. (2012). Managing Cross

Cultural Conflict in Organizations. Interna-

tional Journal of Cross Cultural Management,

12(1), 3–8.

Mazid, S. (2017). Rekonstruksi Pendidikan Kewargaan

Multikultural Dalam Bingkai Keindonesiaan

Yang Beradab. Literasi Hukum, 1(1).

Meer, N., & Modood, T. (2012). How does Intercultur

alism Contrast with Multiculturalism? Journal

of Intercultural Studies, 33(2), 175–196. https://

doi.org/10.1080/07256868.2011.618266

Modood, T. (2015). What is Multiculturalism and what

can it learn from Interculturalism? Ethnicities,

11–20.

Modood, Tariq, & Meer, N. (2012). Interculturalism,

multiculturalism or both? Political Insight,

3(1), 30–33. https://doi.org/10.1111%2Fj.2041

9066.2012.00097.x

Mubit, R. (2016). Peran Agama dalam Multikul

turalisme Masyarakat Indonesia. Epistemé:

Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 11(1),

163–184.

Panjaitan, S. C., & Dewantara, A. (2019). Gotong

Royong sebagai Prinsip Masyarakat Indonesia

untuk Menanggapi Konflik Multikulturalisme.

In OSF Preprints (pp. 1–9). Open Science

Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/

wqd5v

Pratamawaty, B. B. (2017). Potensi Konflik Perkawi

nan Lintas Budaya Perempuan Indonesia dan

Laki-Laki Bule. Kafaah: Journal of Gender

Studies, 7(1), 1–14.

Purnawan, I. B. (2013). Agama Dan Multikultur:

Peran Agama Mewujudkan Multikulturalisme

Di Indonesia. Millah: Jurnal Studi Agama,

13(1), 1–22.

Riffandi, N. (2010). Interkulturalisme Teater Modern

Indonesia. Bandung: Kelir.

Salam, A. (2011). Beberapa Catatan tentang Sastra

(Indonesia) dalam Perspektif Interkulturalisme.

Dalam Aprinus Salam, Henri Chambert Loir

Dan M. Haji Salleh (Ed.) Jejak Sastra Dan

Budaya: Prosiding Seminar Internasional

Persembahan Untuk, 70, 41–54.

Samovar, L. A., Porter, R. E., & Jain, N. C. (1981).

Understanding Intercultural Communication.

Wadsworth Publishing Company.

Shofa, A. M. A. (2016). Memaknai Kembali Multikul

turalisme Indonesia Dalam Bingkai Pancasila.

JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganega

raan), 1(1), 34–40.

Sirait, B. C. (2019). Ancaman Diskriminasi Minoritas

Dan Hilangnya Multikulturalisme Di Indone

sia: Studi Kasus Penutupan Gki Yasmin Bogor.

Politika: Jurnal Ilmu Politik, 10(1), 28–39

Soemanto, B. (2000). Interkulturalisme dalam Teater

Kontemporer: Kasus Kelompok Gandrik Yog

yakarta. In N. Sahid (Ed.), Interkulturalisme

dalam Teater. Yayasan untuk Indonesia.

Song, S. (2017). Multiculturalism. In The Stanford

Encyclopedia of Philosophy (Spring 201).

Metaphysics Research Lab, Stanford Uni

versity. https://plato.stanford.edu/entries/

multiculturalism/

Suparlan, P. (2014). Menuju Masyarakat Indonesia

yang Multikultural. Antropologi Indonesia.

Supriatna, M. (2009). Bimbingan dan Konseling

Lintas Budaya. Materi PLPG PPB, FIP, UPI.

Suryadinata, L. (2003). Kebijakan Negara Indonesia

terhadap Etnik Tionghoa: Dari Asimilasi ke

Multikulturalisme? Antropologi Indonesia,

71, 1–12.

Sutono, A. (2016). Pendidikan Multikultural dan

Multikulturalisme di Indonesia (Realitas,

Tantangan, dan Harapan). JPAK: Jurnal Pen

didikan Agama Katolik, 15(8), 3–11.

Syaifuddin, A. F. (2006). Membumikan multikultur

alisme di Indonesia. Jurnal Antropologi Sosial

Budaya Etnovisi, 2(1), 3–10.

Syam, N. (2009). Tantangan Multikulturalisme Indo

nesia: Dari Radikalisme menuju Kebangsaan.

Kanisius.

Thomas, D. R. (1994). Understanding cross-cultural

communication. South Pacific Journal of

Psychology, 7, 2–8.

Thoyib, M. (2016). Model Pengembangan Pendidikan

Islam Multikultural di Indonesia. Ponorogo:

STAIN Po-Press.

Ukpokodu, O. N. (2003). Teaching multicultural edu

cation from a critical perspective: Challenges

and dilemmas. Multicultural Perspectives: An

Official Journal of the National Association for

Multicultural Education, 5(4), 17–23. https://

doi.org/10.1207/S15327892MCP0504_4

Winataputra, U. S. (2008). Multikulturalisme

Bhinneka Tunggal lka dalam Perspektif

Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Wahana

Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia.

Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(75),

1009–1027. http://jurnaldikbud.kemdikbud.

go.id/index.php/jpnk/article/view/364

Young, I. M. (2011). Justice and the Politics of Dif

ference. Princeton University Press.