MEDIA AND POLITICAL PERSUASION: THE ROLE OF MEDIA IN INDONESIA PRESIDENTIAL CAMPAIGN 2001-2009

Authors

  • Wasisto Raharjo Jati Peneliti Pusat Penelitian Politik, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14203/jpp.v10i2.432

Keywords:

persuasif media, konglomerasi media, kampanye polittik, jurnalisme politik

Abstract

Tulisan ini bertujuan menganalisis tentang peran media dalam konstelasi pemilu presiden Indonesia selama
2001-2009. Pada masa reformasi, media sendiri telah menunjukkan posisi dilematis dalam mendukung demokrasi,
bahkan berupaya mengidentifikasi sebagai aktor politik. Dalam beragam cara, media menampilkan adanya
relasi ketergantungan kuat dengan patronase ekonomi politik. Hadirnya jurnalisme politik sendiri kemudian
berwujud dalam mesin propaganda yang bertujuan menyampaikan pesan politik kepada publik. Tulisan ini akan
mengelaborasi lebih lanjut mengani dilema media dalam proses transisi demokrasi di Indonesia.

Downloads

Published

2025-05-06

How to Cite

Jati, W. R. (2025). MEDIA AND POLITICAL PERSUASION: THE ROLE OF MEDIA IN INDONESIA PRESIDENTIAL CAMPAIGN 2001-2009. Jurnal Penelitian Politik, 10(2), 16. https://doi.org/10.14203/jpp.v10i2.432