Sosial Media dan Pemasaran Politik Politisi Muda: Studi Pemanfaatan Instagram oleh Calon Anggota Legislatif Muda Partai Keadilan Sejahtera pada Pemilu 2024
DOI:
https://doi.org/10.14203/jpp.v21i1.1685Keywords:
Instagram, Kampanye Digital, Media Sosial, Pemasaran Politik, Politisi MudaAbstract
Sekalipun partisipasi pemuda secara global dan khususnya di Indonesia dalam saluran politik formal tidak sebanding dengan jumlah populasinya, sebetulnya mereka tidak benar-benar apatis terhadap politik. Di Indonesia, trend keterlibatan politik kelompok muda sebagai calon anggota legislatif Indonesia terus berprogres dan terus meningkat hingga penyelenggaraan Pemilu terakhir di tahun 2024. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui data yang bersumber dari wawancara mendalam, pengamatan media sosial kandidat, dan data sekunder dari sumber-sumber yang revelan, studi ini menitikberatkan pada bagaimana politisi muda Partai Keadilan Sejahtera dengan rentang usia 21-40 tahun membangun citra publiknya melalui strategi pemasaran politik melalui kampanye di platform digital. PKS dipilih sebagai salah satu partai politik pioneer yang secara tegas mengatur afirmasi politik bagi kelompok muda dalam AD/ARTnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, politisi muda PKS menunjukkan prioritas utama pada konten sosialisasi politik, tapi dengan variasi dalam cara mereka mengintegrasikan konten personal. Meski memerlukan uji korelasi lebih lanjut tentang strategi integrasi konten sosialisasi politik dalam konten personal kandidat pada tingkat keterpilihan kandidat, model pemasaran politik digital ini terbukti menjadi salah satu cara yang mendorong popularitas kandidat yang apabila dikombinasikan dengan strategi kampanye politik yang komprehensif, dapat mendorong elektabilitas mereka.
References
Adam, S., & Maier, M. (2010). Personalization of politics: A critical review and agenda for research. In Annals of the International Communication Association (pp. 213-257). London: Routledge.
Afifuddin, Beni Saebani. 2009. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia
Amalia, L. S., Budiatri, A. P., Sweinstani, M. K. D., Kusumaningtyas, A. N., & Ekawati, E. (2021). Simultaneous Elections and the Rise of Female Representation in Indonesia. Journal of Current Southeast Asian Affairs, 40(1), 50–72. https://doi.org/10.1177/1868103421989716
Andriana, N. (2013). Media Siber Sebagai Alternative Jembatan Komunikasi Antara Rakyat dan Pemimpinnya. Jurnal Penelitian Politik Vol. 10 No. 2 Desember 2013, 79-93.
Batara, P. A. L., Prisanto, G. F., Ernungtyas, N. F., Irwansyah, I., & Hasna, S. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Politik pada Pemilu Legislatif. Metacommunication; Journal of Communication Studies, 5(2), 184-194.
Bessant, J. (2004). Mixed messages: Youth participation and democratic practice. Australian Journal of Political Science, 39(2). https://doi.org/10.1080/1036114042000238573
Boulianne, S. (2009). Does internet use affect engagement? A meta-analysis of research. Political Communication, 26(2), 193–211. https://doi.org/10.1080/10584600902854363
BPS. (2014). Statistik Politik 2014. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=MGFhZTEzMWQ5ZTYzY2VkN2NkNTYwYWU4&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTQvMTIvMjIvMGFhZTEzMWQ5ZTYzY2VkN2NkNTYwYWU4L3N0YXRpc3Rpay1wb2xpdGlrLTIwMTQuaHRtbA%3D%3D&twoadfnoarfeauf=MjAyMi0wNy0yNyAyMTozNjo1Nw%3D%3D
Coleman, S. (1999). The new media and democratic politics. New Media and Society, 1(67), 67–73.
Coleman, S. (2006). Remixing citizenship: democracy and young people’s use of the Internet. Carnegie YPI.
Collin, P. (2015). Young Citizens and Political Participation in a Digital Society. In Young Citizens and Political Participation in a Digital Society. Palgrave Macmillan UK. https://doi.org/10.1057/9781137348838
Cresswell. 2016. Research Design, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Hlm 284
Creswell, W. J. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitive and Mixed Methods Approaches. In SAGE (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/13 14 15 16 17 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1
Firmanzah, P. D. (2012). Marketing politik: antara pemahaman dan realitas. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Gainau, M. B. (2016). Pengantar Metode Penelitian. Depok: PT Kanisius.
Gibson, R. K., & McAllister, I. (2006). Does cyber-campaigning win votes? Online communication in the 2004 Australian election. Journal of Elections, Public Opinion and Parties, 16(3), 243–263.
Hayes, D., & Lawless, J. J. (2016). Women On The Run. Gender, Media, and Political Campaigns in a Polarized era. Cambridge: Cambridge University Press.
Hidayat, S. (2016). An Islamic Party in Urban Local Politics: The PKS Candidacy at the 2012 Jakarta Gubernatorial Election. Jurnal Politik, 2(1), 4.
Ida, R., Saud, M., & Mashud, M. (2020). Persistence of social media on political activism and engagement among Indonesian & Pakistani youths. Journal of Web-based Communities, Inderscience Publisher. https://doi.org/10.1504/IJWBC.2020.10028448
Kartika, Y., Suminar, P., & Adhrianti, L. (2021). Political Marketing Pemilihan Kepala Daerah Bengkulu Utara Tahun 2020. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 10(1), 85–96.
Krippendorff, K. (2004). Content Analysis: An Introductions to its Methodology (Second Edition). California: Sage Publication.
Kruikemeier, S., Van Noort, G., & Vliegenthart, R. (2016). The Effect of Website Interactivity on Political Involvement: The Moderating Role of Political Cynicism. Journal of Media Psychology, 28(3), 136-147. https://doi.org/10.1027/1864-1105/a000200
Longstaff, E. (2001). Book Review: Young People and Social Change: Individualization and Risk in Late Modernity. Youth Justice, 1(2). https://doi.org/10.1177/147322540100100210
Mancini, Paolo. (1996). Politics, Media and Modern Democracy: An Internatinal Study of Innovations in Electoral Campaigning and Their Consequences. Wesport: Praeger
McNair, Brian, “Introduction Political Communication”, London: Routledge, 2011.
Newman, B. I. (1999). Handbook of political marketing. Thousand Oaks, CA: Sage.
Newman, B. I., & Perloff, R. M. (2004). Political Marketing: Teory, Research, and Aplication. In L. L. Kaid, Handbook of Political Communication Research (pp. 17-43). New Jersey: Lawrence Earlbaum Associates Inc.
Nurfitriani, N., Hamrun, H., & Taufik, A. (2017). Pemasaran Politik Bupati Bima Terpilih pada Pilkada Kabupaten Bima Tahun 2015. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 5(2), 71–78.
Sanne, K. (2014). How Political Candidates Use Twitter and The Impact on Votes. Computers in Human Behaviour 34 (2014), 131-139.
Saud, M. (2020). Youth participation in political activities: The art of participation in Bhakkar, Punjab Pakistan. Journal of Human Behavior in Social Environment. https://doi.org/10.1080/10911359.2020.1745112
Seyd, P., & Whiteley, P. (2002). New Labour’s Grassroots: The Transformation of the Labour Party Membership. Palgrave Macmillan. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Q0-BDAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=seyd+%26+whiteley+2002&ots=XHDXl8blVX&sig=8N2VKlDF2A9looXmqjZyz2w8kgo&redir_esc=y#v=onepage&q=seyd%20%26%20whiteley%202002&f=false
Shames, S. L. (2017). Out of the Running Why Millennials Reject Political Careers and Why It Matters. New York University Press.
Situmorang, J. R. (2012). Pemanfaatan Internt Sebagai New Media dalam Bidang Politik, Bisnis, Pendidikan, dan Sosial Budaya. Jurnal Administrasi Bisnis (2012), Vol. 8 No. 1, 73-87.
Soedarsono, Dewi & Mohamad, Bahtiar & Akanmu, Diekola. (2020). Political Leaders and Followers' Attitudes: Twitter as a Tool for Political Communication. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems. 12. 1615-1626. 10.5373/JARDCS/V12I2/S20201359.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sweinstani, M. K. D. (2019). The Use of Social Media as the New Platform for Women’s Campaign in Local Executive Election. Proceeding of International Conference on Social Sciences in The 21st Century, 45–61. https://www.dpublication.com/wp-content/uploads/2019/07/35-7045.pdf
Sweinstani, M., & Idris, K. (2019). Mengenal Demokrasi dan Politik Untuk Pemula. Esensi.
Sweinstani. (2024). Healthy Society and The Youth Political Participation in Indonesia. Disampaikan dalam Tokyo Youth Democracy Forum, Tokyo 10 Juni 2024
Utomo, W. P. (2013). Menimbang media sosial dalam marketing politik di Indonesia: belajar dari Jokowi-Ahok di Pilkada DKI Jakarta 2012. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 17(1), 67-84.
Wahid, Umaimah. (2016). Komunikasi Politik: Teori, Konsep, dan Aplikasi Pada Era Media Baru. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Warnick, B., Xenos, M., Endres, D., & Gastil, J. (2005). Effects of campaign-to-user and text-based interactivity in political candidate campaign web sites. Journal of Computer-Mediated Communication, 10(3)
Whiteley, P., & Seyd, P. (2002). High-intensity Participation: The Dynamics of Party Activism in Britain. The University of Michigan Press. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=FhmuaScREfMC&oi=fnd&pg=PA1&dq=seyd+%26+whiteley+2002&ots=gN4L7dtJQT&sig=QX5edFsuT0EGUuQgToNyd_QNHJY&redir_esc=y#v=onepage&q=seyd%20%26%20whiteley%202002&f=false
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.