The signification of paramita teachings in Jatakamala reliefs at Candi Borobudur: Semiotic perspective Pemaknaan ajaran paramita pada relief Jatakamala di Candi Borobudur: Perspektif semiotika

Main Article Content

So Tju Shinta Lee
Agus Aris Munandar

Abstract

Tulisan ini mengkaji bagaimana relief Jatakamala di Candi Borobudur merepresentasikan ajaran enam kesempurnaan (sat-paramita), peran sosial dari tokoh utama, dan nilai-nilai universal di dalam cerita. Penelitian ini perlu dilakukan karena belum ada analisis yang memadai bagaimana Jatakamala diasosiasikan dengan praktik kesempurnaan pada kajian-kajian terdahulu. Berdasarkan tiga komponen data: relief, naskah, dan sutra-sutra mengenai enam kesempurnaan, kajian ini menggunakan semiotika pragmatis Charles Sanders Peirce untuk mengidentifikasi kesempurnaan/multikesempurnaan pada lima cerita Jatakamala. Analisis tematis digunakan untuk melihat peran sosial dan pesan universal dalam 14 cerita. Penerapan triadik Peirce menunjukkan bahwa masing-masing cerita merepresentasikan multikesempurnaan. Tokoh utama dalam Jatakamala berperan aktif secara sosial dan turut memecahkan isu-isu di masyarakat melalui tindakan dan keteladanan. Jatakamala juga mengandung nilai-nilai universal sebagai sarana pembelajaran dan pendidikan.

Article Details

How to Cite
Lee, S. T. S., & Munandar, A. A. (2024). The signification of paramita teachings in Jatakamala reliefs at Candi Borobudur: Semiotic perspective : Pemaknaan ajaran paramita pada relief Jatakamala di Candi Borobudur: Perspektif semiotika. Berkala Arkeologi , 42(1), 37–56. https://doi.org/10.30883/jba.v42i2.963
Section
Articles

References

Access to Insight. (2005). Sigalovada Sutta: the Buddha’s advice to Sigalaka. https://www.accesstoinsight.org/tipitaka/dn/dn.31.0.ksw0.html

Chaloupková, L. (1989). Ārya-śūra’s Jātaka-mālā as a commentary to the six pāramitās in Tibet. Acta Orientalia Academiae Scientiarum Hungaricae, 43(2/3), 217–222. https://www.jstor.org/stable/23657794

Dharmachakra Translation Committee. (2020a). The perfection of generosity (Dānapāramitā). https://read.84000.co/translation/toh182.html.

Dharmachakra Translation Committee. (2020b). The play in full (Lalitavistara). https://read.84000.co/translation/toh95.html.

Dharmachakra Translation Committee. (2020c). The sūtra of the question of Subāhu (Subāhuparipṛcchāsūtra). https://read.84000.co/translation/toh70.html.

Dharmatalk.org. (n.d.). The shorter analysis of action: Cūḷa Kamma-vibhaṅga Sutta (MN 135). https://www.dhammatalks.org/suttas/MN/MN135.html

Fontein, J. (1981). Notes on the Jatakas and Avadanas of Barabudur. In Barabudur: History and Significance of a Buddhist Monument (hal. 85–108). Berkeley: University of California.

Fontein, J. (1989). The law of cause and effect in ancient Java. Koninklijke Nederlandse Akademie van Wetenschappen Verhandelingen Afdeling Letterkunde, Nieuwe Reeks, Deel 140.

Fontein, J. (2012). Entering the Dharmadhatu: A study of the Gandavyuha reliefs of Borobudur ((Studies in Asian art and archaeology). Leiden: Koninklijke Brill NV.

Gimello, R. M. (2004). Bodhi (Awakening). In R. E. Buswell, Jr. (Ed.), Encyclopedia of Buddhism (hal. 50–53). USA: Macmillan Reference.

Gómez, L. O. (2004). Bodhicitta (Thought of awakening). In R. E. Buswell Jr. (Ed.), Encyclopedia of Buddhism (hal. 54–56). USA: Macmillan Reference.

Hoed, B. H. (2014). Semiotik dan dinamika sosial budaya. Depok: Komunitas Bambu.

Hopkins, J. (2007). Nāgārjuna’s precious garland: Buddhist advice for living and liberation. New York: Snow Lion Publications.

Kawamura, L. S. (2004). Pāramitā. In R. E. Buswell Jr. (Ed.), Encyclopedia of Buddhism (hal. 631–632)). USA: Macmillan Reference.

Khoroche, P. (2004). Āryaśūra. In R. E. Buswell Jr. (Ed.), Encyclopedia of Buddhism (hal. 32). USA: Macmillan Reference.

Kompas. (2020). Naskah lengkap pidato kenegaraan Presiden Jokowi 2020. https://jeo.kompas.com/naskah-lengkap-pidato-kenegaraan-presiden-jokowi-2020.

Krom, N. J. (1927). Barabudur: Archaeological description (vol. I). The Hague: Martinus Nijhoff.

Kwon, G. (1997). An analytical study of the origins and development of the Jatakas [Banaras Hindu University, Varanasi]. https://www.scribd.com/doc/292219120/Analysical-Study-of-orgin-and-development-of-Jataka-pdf.

Munandar, A. A. (2012). Proxemic relief candi-candi abad ke-8-10. Wedatama Widya Sastra.

Nöth, W. (1990). Handbook of semiotics. Bloomington & Indianapolis: Indiana University Press.

Nowell, L. S., Norris, J. M., White, D. E., & Moules, N. J. (2017). Thematic analysis: Striving to meet the trustworthiness criteria. International Journal of Qualitative Methods, 16, 1–13. https://doi.org/10.1177/1609406917733847.

Ohnuma, R. (2004). Jātaka. In R. E. Buswell, Jr. (Ed.), Encyclopedia of Buddhism (hal. 400–401). USA: Macmillan Reference.

Padmakara Translation Group. (2020). The transcendent perfection of wisdom in ten thousand lines (Daśasāhasrikāprajñāpāramitā). https://read.84000.co/translation/toh11.html.

Reed, B. E. (2004). Ethics. In R. E. Buswell, Jr. (Ed.), Encyclopedia of Buddhism (hal. 261–265). USA: Macmillan Reference.

Sayuti, S. A. (2013). Borobudur dan pendidikan: Perspektif strategis. In H. Santiko (Ed.), Seratus tahun pascapemugaran Candi Borobudur, trilogi III: Candi Borobudur dalam multiaspek (hal. 5–10). Magelang: Balai Konservasi Borobudur.

Speyer, J. S. (1895). Jātakamālā or garland of birth-stories by Āryaśūra (B. Ānandajoti (ed.). https://www.ancient-buddhist-texts.net/English-Texts/Garland-of-Birth-Stories/index.htm.

Sutopo, H. B. (2006). Metodologi penelitian kualitatif: Dasar teori dan terapannya dalam penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

UNESCO. (2005). The restoration of Borobudur. Paris: UNESCO Publishing.

Vaidya, P. L. (1959).