GELAR "AL-SAHID" PADA BEBERAPA NISAN MAKAM KUNA DI INDONESIA (SEBUAH INTERPRETASI BARU)

Main Article Content

Mujib

Abstract


Three ancient tombs, namely the tomb of Fatimah binti Maymun in Leran, Gresik, East Java dated 475 H (1082 AD), the tomb of Sultan Al-Malik AI-Salih dated 726 H (1326 AD) and the tomb of the queen Nah- Risah bin Sultan Al-Abidin from the numerical year 831 H (1428 AD) is also a descendant of Sultan Al-Malik Al-Salih of Samudra Pasai, North Aceh. When compared to other ancient tombs that have been found and researched in Indonesia that reached hundreds, even thousands in number. The specificity is seen in the form of tombstones, inscription style and the use of laqb (title, abnome) which reflects the Islamic influence, with the use of the title AI-Sahid in front of the names.


Article Details

How to Cite
Mujib. (2024). GELAR "AL-SAHID" PADA BEBERAPA NISAN MAKAM KUNA DI INDONESIA (SEBUAH INTERPRETASI BARU). Berkala Arkeologi , 15(1), 33–45. https://doi.org/10.30883/jba.v15i1.653
Section
Articles

References

AI-Qur'an al-Karim.

Al-Baba, 1992. Kamil, Dinamika Kaligrafi Islam, Terjemahan D. Sirodjuddin, Darul-Ulum Press, Jakarta.

AI-Bahresi, Salim, lrsyadul-'lbad, Surabaya: Salim Nabhan.

AI-Sabuni, Muhammad Ali, Tafsir ayat al-Ahkam II, Beirut: Dar al-Fikr.

AI-Sa'rawiy, AI-Syekh Muhammad Mutawalliy, AI-Mukhtar min Tafsir al- Qur'an al-'Adzim, Maktabah al-Turats al-lslamiy, Kairo.

Ambary, Hasan Mu'arif, 1987. Awal Masuknya Islam di Indonesia dan Pertumbuhannya Hingga Abad ke-18 M, 10 Tahun Kerjasama Pusat Penelitian Arkeologi Nasional dan EFEO, Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Jakarta.

Ambary, Hasan Mu'arif , 1987 .Ringkasan Desertasi: L 'Art Funeraire Musulman en Indonesia des Origines Aux xix emen Siecle, 10 Tahun Kerjasama Puslit Arkenas dengan EFEO Jakarta: Puslit Arkenas.

Ambary, Hasan Mu'arif, 1991.Kaligrafi Islam Indonesia Dan Signifikansinya Dari Kajian Arkeologi, Pidato Pengukuhan Jabatan ahll Peneliti Utama Pada Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Jakarta.

Ambary, Hasan Mu'arif, 1991. Makam-Makam Kesultanan dan Para wali Penyebar Islam di Pulau Jawa, Aspek-Aspek Arkeologi Indonesia, no. 12, Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Jakarta.

Anis, Ibrahim, AI-Mu'jam al-Wasit I, Beirut, Dar al-Fikr.

Arnold.Thomas W.1985.Sejarah Da'wah Islam Terjemahan A. Nawai Rambe Wijaya, Jakarta.

Buchari, 1977.Epigrafi dan Sejarah Indonesia, Majalah arkeologi No. I, Fakultas Sastra, Universitas lndonesa, Jakarta.

De Graaf, HJ. dan Th.G.Th. Pigeaud, 1985. Kerajaan-Kerajaan Islam di Jawa, Grafiti Pers, Jakarta.

Fatimi, S.Q, 1963. Islam Come To Malaysia, SMSRI, Singapura.

Hill, A. H. 1960. Hikayat Raja-Raja Pasai, JMBRAS, 33, (2).

Ma'luf Louis, 1973. AI-Munjid Fi al-Lughah, Beirut, Dar al-Fikr.

Marsden, William, 1975. The History of Sumatra Oxford University Press, Kuala Lumpur.

Mujib, 1992. Niat Sebagai lndikasi Keberhasilan Langkah Bidang Kemasjidan, Yayasan Masjid, al-lkhlas, Jakarta, (tidak diterbitkan).

Munsi, Abdullah bin Abdul Kadir, 1952.Sejarah Melayu, (penyunting A. Teew), Jambatan, Jakarta.

Sabiq, Syekh, 1983. Sayyid, Fiqh Sunnah 111, Beirut, Dar al-Fikr.

Soekmono, R.1994. Sejarah Kebudayaan Indonesia 3, Kanisius, Yogyakarta.

Santosa, Halina Budi, 1993.Nisan-Nisan Samodera Pasai, Direktorat Jendral Kebudayaan, Proyek Media Pengembangan Kebudayaan, Jakarta.

Tjandrasasmita, Uka, 1976.Sejarah Nasional Indonesia Ill, (Editor), Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 1976.

Tjandrasasmita, Uka, 1986.Sepintas Mengenai Peninggalan Kepurbakalaan Islam di Pesisir Utara Jawa,Aspek Aspek Arkeologi Indonesia, no. 3, Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Jakarta.

Tjandrasasmita, Uka, 1992.Riwayat Penyelidikan Kepurbakalaan Islam di Indonesia, 50 Tahun Lembaga Purbakala dan Peninggalan Sejarah, Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Jakarta.