TEMUAN GERABAH DI SITUS WONOBOYO

Main Article Content

Selarti Venetsia Saraswati

Abstract


Situs Wonoboyo pertama kali menarik perhatian kalangan arkeologis maupun masyarakat karena di situs ini ditemukan sejumlah benda emas dan perak pada tahun 1990. Sejak penemuan emas tersebut, di situs ini telah dilakukan beberapa kali survei maupun ekskavasi, baik dalam kaitannya dengan penyelamatan maupun penelitian. Salah satu aspek yang akan dibicarakan dalam tulisan ini adalah hasil dari penggalian penyelamatan maupun penelitian yang berupa temuan gerabah.


Article Details

How to Cite
Saraswati, S. V. (2024). TEMUAN GERABAH DI SITUS WONOBOYO. Berkala Arkeologi , 13(3), 12–26. https://doi.org/10.30883/jba.v13i3.613
Section
Articles

References

Anonim, 1992. Laporan Kegiatan Penentuan Batas Wilayah Cagar Budaya Dalam Rangka Penyelamatan Situs Wonoboyo. Bakosurtanal, Ditlinbinjarah dan Fakulstas Geografi UGM. ( tidak diterbitkan)

Anonim, 1990. Laporan Ekskavasi Penyelamatan Situs Wonoboyo (5-9 Nopember 1990). Kantor Suaka Peningalan Sejarah dan Purbakala Propinsi Jawa Tengah dan Jurusan Arkeologi FS-UGM. ( tidak diterbitkan)

Anonim, 1990. Laporan Ekskavasi Peyelamatan Situs Wonoboyo ( 10-19 Desember 1990). Kantor Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Propinsi Jawa Tengah dan Jurusan Arkeologi FS-UGM. ( tidak diterbitkan)

Anonim, 1991. Laporan Hasil Penelitian Arkeologi Situs Wonoboyo. Tim Penelitian Arkeologi Situs Wonoboyo. Balai Arkeologi Yogyakarta ( tidak diterbitkan)

Anonim, 1990. Laporan Hasil Penelitian Arkeologi Situs Medowo III. Tim oenelitian Arkeologi Situs Medowo. Balai Arkeologi Yogyakarta ( tidak diterbitkan)

Joukowsky, Martha. 1980. A Complete Manual of Field Archaeology. New Jersey : Prentice Hall

Sharer, Robert and Wendy Ashmore. 1980. Fundamentals of Archaeology. London : The Benjamin/Cumming Publishing Company.

South, Stanley. 1997. Method and Theory in Historical Archaeology. New York: Academic Press

Subroto, Ph. 1991. Benarkah Wonoboyo Bekas Sebuah Kraton? Makalah pada Sarasehan di Kab. Klaten 5 September 1991.

Titi Surti Nastiti dan Nurhadi Rangkuti. 1988. Laporan Penelitian Ekskavasi Caruban, Lasem, Jawa Tengah. Berita Penelitian Arkeologi No. 38. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.